Penggunaan Kulit Udang untuk Menghilangkan Zat Warna pada Air Limbah Tekstil

Ruhul Seroja, 140702036 (2020) Penggunaan Kulit Udang untuk Menghilangkan Zat Warna pada Air Limbah Tekstil. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text (Penggunaan Kulit Udang untuk Menghilangkan Zat Warna pada Air Limbah Tekstil)
Ruhul Seroja, 140702036, FST, TL, 085288925556.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Artikel ini menyelidiki tentang penyisihan zat warna melalui proses adsorpsi oleh residu yang mengandung kitin. Sebagai representatif terhadap limbah, dilakukan uji perbandingan pada kulit udang yang berasal dari dua jenis udang. Persentase penyisihan zat warna dapat mencapai hingga 90% yang diperoleh dalam waktu sekitar 2 jam, dengan menggunakan 2,1 mg/mL kulit udang yang hanya dikeringkan dan digiling. Analisis komparatif juga dilakukan pada kitin komersial dan serpihan kitosan. Uji kinetik dilakukan dalam batch dan pada skala laboratorium. Data dimodelkan melalui hukum kinetik pseudo orde dua, dan diperoleh nilai efisiensi pemodelan mendekati 1 (satu). Isoterm adsorpsi ditentukan melalui variasi suhu antara 10 oC dan 50 oC. Analisis hasil pertama dilakukan dengan menggunakan persamaan Langmuir, dan kemudian dilakukan pendekatan fisika statistik untuk mengetahui tingkatan molekul. Sehingga diperoleh nomor jangkar, koefisien hambatan sterik, dan koefisien setengah jenuh. Semua data eksperimen menunjukkan proses adsorpsi yang terbatas pada lapisan molekul tunggal (monolayer) yang ada, didukung oleh difusi gradien konsentrasi, dan dicirikan oleh beberapa titik jangkar untuk setiap molekul tunggal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Ruhul Seroja
Date Deposited: 14 Apr 2021 04:10
Last Modified: 14 Apr 2021 04:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16929

Actions (login required)

View Item View Item
TOP