Pengembangan Virtual Book Pada Materi Bentuk Molekul Di MAS Ulumuddin Kota Lhokseumawe

Cut Utari Lydia Fitri, 160208018 (2020) Pengembangan Virtual Book Pada Materi Bentuk Molekul Di MAS Ulumuddin Kota Lhokseumawe. Skripsi thesis, UPT. PERPUSTAKAAN.

[thumbnail of Pengembangan Virtual Book Pada Materi Bentuk Molekul Di MAS Ulumuddin Kota Lhokseumawe]
Preview
Text (Pengembangan Virtual Book Pada Materi Bentuk Molekul Di MAS Ulumuddin Kota Lhokseumawe)
Cut Utari Lydia Fitri, 160208018, FTK, PKM, 08236362667_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (33MB) | Preview

Abstract

Penelitian Pengembangan virtual book pada materi bentuk molekul yang dilakukan di MAS Ulumuddin kota Lhokseumawe dilatarbelakangi oleh keterbatasan penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan hanya berupa buku bacaan dan LKPD, pembelajaran kimia juga sering dianggap sulit karena umumnya materi tersebut bersifat abstrak dan memerlukan imajinasi tinggi untuk memahaminya. Virtual book adalah buku maya dengan animasi yang berupa software yang dapat diakses atau dibuka melalui komputer dan laptop. Media tersebut dilengkapi dengan cover, petunjuk penggunaan, peta konsep, materi, bentuk molekul 3D dan quiz. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan virtual book pada materi bentuk molekul dengan menggunakan metode penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik pengumpulan data berupa lembar validasi dan angket respon. Berdasarkan hasil validasi I 83,2%, validator II 92,8% dan validator III 89,6% maka diperoleh skor rata-rata validator ahli dari lembar validasi ahli adalah 88,53 % dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan data hasil uji coba yang melibatkan 16 siswa sebagai responden maka diperoleh rata-rata persentase 92,18% sehingga dapat disimpulkan bahwa respon peserta didik terhadap media virtual book sangat menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Sabarni, M. Pd. Pembimbing 2 : Haris Munandar, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Virtual Book, Bentuk Molekul, ADDIE
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Cut Utari Lydia Fitri Cut
Date Deposited: 14 Apr 2021 04:20
Last Modified: 14 Apr 2021 04:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16930

Actions (login required)

View Item
View Item