Hubungan Kohesivitas Kelompok dengan Kecenderungan Perilaku Agresif pada Suporter Bola SKULL (Suporter Kutaraja Untuk Lantak Laju) Persiraja Banda Aceh

Aullia Arismanda, 150901112 (2021) Hubungan Kohesivitas Kelompok dengan Kecenderungan Perilaku Agresif pada Suporter Bola SKULL (Suporter Kutaraja Untuk Lantak Laju) Persiraja Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Kohesivitas Kelompok dengan Kecenderungan Perilaku Agresif pada Suporter Bola SKULL (Suporter Kutaraja Untuk Lantak Laju) Persiraja Banda Aceh]
Preview
Text (Hubungan Kohesivitas Kelompok dengan Kecenderungan Perilaku Agresif pada Suporter Bola SKULL (Suporter Kutaraja Untuk Lantak Laju) Persiraja Banda Aceh)
Aullia Arismanda, 150901112, FIP, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Kohesivitas kelompok merupakan penguat yang mengadakan kebersamaan kelompok atau kekuatan dari ikatan yang menghubungkan anggota kelompok kepada kelompok. Hal tersebut dapat mempengaruhi kecenderungan perilaku agresif. Apabila perilaku agresif yang dimunculkan berupa penyerangan terhadap kelompok yang berseberangan, membalas aksi dari kelompok lain, dan mengunakan kata-kata kasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kohesivitas kelompok dengan kecenderungan perilaku agresif pada suporter bola SKULL Persiraja Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini suporter bola SKULL Persiraja Banda Aceh dengan jumlah responden sebanyak 127 orang. Dalam penelitian ini, Instrumen penelitian menggunakan skala kohesivitas kelompok dengan hasil reliabilitas rix1 = 0,892 dan skala kecenderungan perilaku agresif dengan hasil reabilitas rix2 = 0,959. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang sangat antara kohesivitas kelompok dengan kecenderungan perilaku agresif pada suporter bola SKULL Persiraja Banda Aceh dengan nilai koefesien korelasi pearson r=- 0,207, p=0,014 (p<0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kohesivitas kelompok dengan kecenderungan perilaku agresif pada suporter bola SKULL Persiraja Banda Aceh. Artinya semakin tinggi kohesivitas kelompok, maka semakin rendah kecenderungan perilaku agresif, begitu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Aullia Arismanda Aullia
Date Deposited: 16 Apr 2021 03:05
Last Modified: 16 Apr 2021 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16948

Actions (login required)

View Item
View Item