Dampak Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2015-2017 Terhadap Kehidupan Ekonomi Masyarakat Gampong Durian Kawan Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan

Ahmat Fajri, 140305112 (2021) Dampak Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2015-2017 Terhadap Kehidupan Ekonomi Masyarakat Gampong Durian Kawan Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Dampak Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2015-2017 Terhadap Kehidupan Ekonomi Masyarakat Gampong Durian Kawan Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan]
Preview
Text (Dampak Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2015-2017 Terhadap Kehidupan Ekonomi Masyarakat Gampong Durian Kawan Kecamatan Kluet Timur Kabupaten Aceh Selatan)
Ahmat Fajri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu munculnya beberapa fenomena-fenomena permasalahan dana desa di beberapa daerah di Indonesia, sehingga penulis juga merasa perlu melakukan penelitian hasil dari program dana desa di Gampong Durian Kawan. Penelitian ini mengkaji dana desa yang telah di cairkan pada Gampong Durian Kawan pada beberapa tahun belakangan ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini; bagaimana dampak pemanfaatan dana desa terhadap ekonomi masyarakat Gampong Durian Kawan, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan dana desa. Dan adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana dampak dari program angggaran dana desa tersebut terhadap pengaruh kehidupan ekonomi bagi masyarakat gampong. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode pendekatan lapangan. Lokasi penelitian berada di Gampong Durian Kawan, sementara itu sumber berasal dari observasi dan data juga bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Gampong Durian Kawan (APBG), wawancara mendalam dengan perangkat dan masyarakat gampong. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehidupan perekonomian Gampong Durian Kawan sejak di jalankannya program dana desa ini dapat di simpulkan sudah efektif dan tepat sasaran, seperti infrastruktur yang baik juga mendorong aktifitas ekonomi masyarakat Gampong Durian Kawan, serta beberapa program yang dinilai efektif dalam mendorong ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Ahmat Fajri Fajri
Date Deposited: 16 Apr 2021 04:43
Last Modified: 16 Apr 2021 04:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16956

Actions (login required)

View Item
View Item