Analisis Mekanisme Pembiayaan Zakat Produktif dalam Meningkatkan Perekonomian Mustahik Kecamatan Syiah Kuala (Studi Kasus Pada Baitul Mal Aceh)

Nadya Husna, 160603034 (2021) Analisis Mekanisme Pembiayaan Zakat Produktif dalam Meningkatkan Perekonomian Mustahik Kecamatan Syiah Kuala (Studi Kasus Pada Baitul Mal Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Mekanisme Pembiayaan Zakat Produktif Dalam Meningkatkan Perekonomian Mustahik Kecamatan Syiah Kuala]
Preview
Text (Analisis Mekanisme Pembiayaan Zakat Produktif Dalam Meningkatkan Perekonomian Mustahik Kecamatan Syiah Kuala)
NADYA HUSNA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian untuk menganalisis mekanisme pembiayaan zakat produktif dalam meningkatkan perekonomian mustahik Kecamatan Syiah Kuala. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan (field research), data penelitian digunakan berdasarkan data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, mekanisme dan syarat dalam memperoleh pembiayaan zakat produktif pada Baitul Mal Aceh yakni masyarakat kurang mampu, mengurus surat keterangan kurang mampu pada kepala desa, memiliki usaha dengan skala kecil/menengah, serta mendapat rekomendasi dari kepala desa. Tingkat perekonomian mustahik setelah menerima pembiayaan zakat produktif pada Baitul Mal Aceh dapat dilihat dari (1)kenaikan pendapatan Mustahik (2)Angsuran pembiayaan berjalan lancer dalam periode setahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Muhammad Arifin, Ph.D 2. Evri Yenni, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Zakat Produktif, Baitul Mal Aceh
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Depositing User: Nadya Husna Nadya
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:33
Last Modified: 19 Apr 2021 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16958

Actions (login required)

View Item
View Item