Pola Pembinaan Agama Terhadap Anak Sebagai Warga Binaan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh

Iswani, 140402137 (2019) Pola Pembinaan Agama Terhadap Anak Sebagai Warga Binaan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pola Pembinaan Agama Terhadap Anak Sebagai Warga Binaan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas Ii Banda Aceh)
Iswani, 140402137, FDK, BKI, 082360312848.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi berjudul “Pola Pembinaan Agama terhadap Anak sebagai Warga Binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh.” Setiap anak yang telah melakukan kejahatan yang termasuk didalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), akan dikenakan sanksi sesuai dengan kejahatan yang dilakukannya. Setiap anak yang melakukan kejahatan sebagaimana yang telah diatur didalam Undang-Undang tersebut yang dikenakan sanksi penjara atau disebut dengan anak didik akan dibina di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), salah satu pola pembinaan di LPKA adalah pembinaan agama. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pola pembinaan agama terhadap anak sebagai warga binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh, Apa saja bentuk-bentuk program yang dilakukan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh, Kendala apa saja yang terjadi dalam penerapan pola pembinaan agama terhadap anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pola pembinaan agama terhadap anak sebagai warga binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh, untuk mengetahui bentuk-bentuk program yang dilakukan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh, untuk mengetahui kendala-kendala yang terjadi dalam penerapan pola pembinaan agama terhadap anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Banda Aceh. Dalam penelitian ini, menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling, dengan jumlah 12 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembinaan Anak didik permasyarakatan yang dilakukan oleh pihak LPKA kelas II Banda Aceh adalah pembinaan kepribadian, kemandirian, pelatihan keterampilan dan paket A, B dan C. Untuk program pembinaan yang di selenggarakan oleh pihak LPKA diantaranya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) seperti paket A, B dan C, olahraga dan program pembinaan agama. Program pembinaan agama yang ada di LPKA diantaranya, fiqih, praktek ibadah, pengajian serta zikir bersama. Program pembinaan agama dilakukan untuk menanamkan ajaran islam, sehingga Anak didik permasyarakatan dapat membedakan mana yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Adapun kendala-kendala yang dihadapi oleh pihak LPKA adalah terbatasnya Sumber Daya Manusia (SDM), kurangnya kedisiplinan Anak didik permasyarakatan dan minimnya sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Didik Permasyarakatan, Pembinaan, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial > 305.2 Kelompok umur
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 365 Lembaga permasyarakatan dan lembaga berkaitan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Iswani Iswani
Date Deposited: 20 Apr 2021 04:07
Last Modified: 20 Apr 2021 04:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16978

Actions (login required)

View Item View Item
TOP