Pengaruh Model Peembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs

Raudhatul Jannah, 150205070 (2021) Pengaruh Model Peembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Model Peembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs]
Preview
Text (Pengaruh Model Peembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP/MTs)
Raudhatul Jannah, 150205070, FTK, MA, 082230418766.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan suatu kemampuan dasar untuk mengembangkan kemampuan matematis lainnya. Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap siswa Siswa yang memahami konsep dasar suatu materi akan lebih mudah untuk memahami materi selanjutnya. Namun, kenyataannya kemampuan pemahaman konsep masih tergolong rendah. Sehingga dibutuhkan berbagai model pembelajaran agar dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi kemampuan pemahaman konsep lebih baik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep matematis siswa pada materi transformasi yang menerapkan model Discovery Learning dan model pembelajaran konvensional di kelas IX MTsS Darul Ulum Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Research (Eksperimen Semu) dengan desain yaitu pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTsS Darul Ulum Kota Lhokseumawe. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yaitu pretest dan postest. Teknik analisis yang digunakan yaitu non-parametrik Mann-Whitney U Test. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan nilai Uji Mann-Whitney U Test memberikan hasil Uhitung ≤ Utabel yaitu 104 ≤ 149 maka H0 ditolak. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Uji Mann-Whitney U Test taraf signifikan 0,05 pada pemahaman konsep matematis siswa menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05. Hasil Uji Mann-Whitney U Test Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan model Discovery Learning dan pemahaman konsep matematis siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional di kelas IX MTsS Darul Ulum Kota Lhokseumawe.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. M. Duskri, M.Kes. Pembimbing II : Lasmi, S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Pemahaman Konsep.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Raudhatul Jannah
Date Deposited: 21 Apr 2021 04:59
Last Modified: 21 Apr 2021 04:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16997

Actions (login required)

View Item
View Item