Peningkatan Keaktifan Siswa dengan Menggunakan Model Talking Stick Melalui Media Gambar Dalam Pembelajaran PKn di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Daarut Tahfid Al-Ikhlas

Rama Ranti, 150209117 (2019) Peningkatan Keaktifan Siswa dengan Menggunakan Model Talking Stick Melalui Media Gambar Dalam Pembelajaran PKn di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Daarut Tahfid Al-Ikhlas. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Penggunaan Model Pembelajaran)
Ramaranti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Belajar adalah suatu aktivitas manusia yang sangat vital dan secara terus menerus akan dilakukan selama manusia masih hidup untuk merubah prilaku nya agar sesuai dengan kehidupan, oleh karena itu belajar adalah aktivitas yang sangat penting dalam kehidupan, kehidupan bernegara membutuhkan adanya pembelajaran pendidkan kewarganegaraan untuk mengetahui tentang sosial kultural dan tata negara agar menjadi warga negara yang baik. pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Pembelajaran PKn yang aktif sangat diperlukan bagi siswa MI, mengingat pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) adalah salah satu pembelaja ran yang biasanya sangat membosankan bagi siswa MI. Untuk mengatasi pembelajaran yang seperti ini guru dapat menggunakan model pembelajaran, Model pembelajaran Talking Stick menjadi alternatif untuk meningkatkan keaktifan siswa khususnya materi Makna Bersatu Dalam Keberagaman di Lingkungan Sekitar. Sejalan dengan hal tersebut maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai sebrikut: (1) Bagaimana aktivitas guru dalam pembelajaran dengan menggunakan Model Talking Stick pada pembelajaran PKn di kelas III MIT Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar? (2) Bagaimana aktivitas belajar siswa dengan menggunakan Model Talking Stick pada pembelajaran PKn di kelas III MIT Daarut Tahfizh Al-Ikhlas Aceh Besar?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut perlu dilakukannya Penelitian, penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terjadi beberapa tahap siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas siswa. Pada siklus I hasil penelitian aktivitas guru diperoleh rata-rata 81,52 % dan pada siklus II aktivitas guru mengalami peningkatan yang sangat baik pada tahap ini aktivitas guru diperoleh nilai rata-rata 90,21 % dikategorikan sangat baik. Pada aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 75 % dengan kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik pada tahap ini nilai rata-rata dari aktivitas siswa diperoleh 86,95 % dengan kategori sangat baik. Maka dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran talking stick yang sudah diterapkan dapat menigkatkan keaktifan siswa kelas III Abu Hurairah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. Ridhwan M. Daud, M. Ed 2.Hafidh Maksum, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Talking Stick, Keaktifan
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge > 001.1 Kehidupan Intelektual
000 Computer Science, Information and System > 002 The Book
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rama Ranti
Date Deposited: 27 Apr 2021 04:38
Last Modified: 27 Apr 2021 04:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17038

Actions (login required)

View Item View Item
TOP