Analisis Pengelolaan Ketahanan Pangan Masyarakat Tani menurut Manajemen Risiko Syariah Studi di Desa Mee Tanjong Usi Kabupaten Pidie

Sarah Salsabila, 150602147 (2019) Analisis Pengelolaan Ketahanan Pangan Masyarakat Tani menurut Manajemen Risiko Syariah Studi di Desa Mee Tanjong Usi Kabupaten Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Analisis Pengelolaan Ketahanan Pangan Masyarakat Tani menurut Manajemen Risiko Syariah Studi di Desa Mee Tanjong Usi Kabupaten Pidie]
Preview
Text (Tentang Analisis Pengelolaan Ketahanan Pangan Masyarakat Tani menurut Manajemen Risiko Syariah Studi di Desa Mee Tanjong Usi Kabupaten Pidie)
Sarah Salsabila, 150602147, FEBI, ES, 085278182897.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Ketahanan pangan adalah aspek terpenting dalam hidup manusia, dimana aspek tersebut harus selalu dijaga kestabilannya. Seperti yang dipraktikkan oleh masyarakat Desa Mee Tanjong Usi dalam mengelola ketahanan pangan, masyarakat tani desa tersebut memperhatikan apa saja risiko yang mungkin terjadi dan apa saja subsistem yang dapat digunakan untuk menjaga agar ketahanan pangan dapat selalu terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik pengelolaan ketahanan pangan dan kesesuaian praktik pengelolaan ketahanan pangan dengan prinsip manajemen risiko syariah. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dalam penelitian ini, praktik pengelolaan ketahanan pangan yang diterapkan oleh masyarakat tani Desa Mee Tanjong Usi telah sesuai dengan prinsip manajemen risiko syariah yaitu memperhatikan risiko-risiko yang mungkin terjadi dan mempersiapkan bekal untuk hari esok. Hal ini akan berpengaruh terhadap tingkat ketahanan pangan di desa tersebut, semakin bagus pengelolaannya maka semakin bagus pula tingkat ketahanan pangan yang dimiliki. Penggunaan tinjauan manajemen risiko syariah berguna untuk menghindari risiko,mengurangi risiko, memonitori risiko dan mengelola risiko yang terjadi pada sektor pertanian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Sarah Salsabila Sarah
Date Deposited: 28 Apr 2021 02:41
Last Modified: 28 Apr 2021 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17044

Actions (login required)

View Item
View Item