Pengaruh Kompetensi Profesional Guru PAI terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Smpn 3 Lhoong

Rahmati, 140201022 (2019) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru PAI terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Smpn 3 Lhoong. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pai Terhadap  Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Smpn 3 Lhoong]
Preview
Text (Tentang Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pai Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Smpn 3 Lhoong)
Rahmati, 140201022, FTK, PAI, 085115316201.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sebagai pendidik yang professional, maka guru wajib memiliki kompetensi profesional. Guru dengan kualitas sumber daya manusia yang tinggi dan memiliki kompetensi professional keguruan berperan sebagai salah satu faktor penentu kualitas mutu pedidikan di samping faktor lain yang sama pentingnya. Jadi, setiap guru seharusnya memiliki kompetensi professional keguruan dalam jenjang pendidikan apapun. Penelitian ini menelaah beberapa permasalahan, Pertama; Bagaimanakah kompetensi profesional guru PAI sehingga berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMPN 3 Lhoong? Apasaja kendala yang dihadapi guru PAI terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMPN 3 Lhoong? Ini merupakan jenis penelitian Kualitatif dan menggunakan metode deskripftif. Data dikumpulkan melalui observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa Kompetensi profesionalisme, guru Pendidikan Agama Islam tidak mampu menciptakan proses belajar mengajar yang berkualitas dan mendatangkan prestasi belajar yang baik, demikian juga dengan dengan siswa hasil evaluasi nilai UTS siswa sangat tidak baik, rata-rata nilainya di bawah persentase yang harus dicapai yaitu 75. Kendala yang dihadapi oleh guru Pendidikan agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah datang dari guru itu sendiri dan siswa yang ada di kelas tersebut, guru keseringan tidak tepat waktu masuk kelas, dan jarang membawa RPP pada saat pelajaran, dan siswa jenuh dengan metode yang digunakan oleh guru sehingga banyak siswa yang bosan dan tidak menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahmati Rahmati
Date Deposited: 28 Apr 2021 02:48
Last Modified: 28 Apr 2021 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17045

Actions (login required)

View Item
View Item