Proses Komunikasi Interpersonal Konselor dalam Penanggulangan Korban Narkotika (Studi pada Yayasan Rehabilitasi Permata Hati Kita)”

Khairil Anwar, 150401069 (2020) Proses Komunikasi Interpersonal Konselor dalam Penanggulangan Korban Narkotika (Studi pada Yayasan Rehabilitasi Permata Hati Kita)”. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Proses Komunikasi Interpersonal Konselor dalam Penanggulangan Korban Narkotika]
Preview
Text (Tentang Proses Komunikasi Interpersonal Konselor dalam Penanggulangan Korban Narkotika)
Khairil Anwar, 150401069,FDK, KPI, 085360096100.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Proses komunikasi sangat dibutuhkan oleh manusia untuk memulai suatu percakapan, sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal yang terbangun antara konselor dengan pasien pecandu narkoba di Yayasan Rehabilitasi Permata Hati Kita Aceh dan mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang dirujuk dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan penelitian lapangan, yakni mewawancarai responden dan informan, sedangkan data sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan dengan mempelajari buku-buku teks dan peraturan undang-undang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Implementasi pendekatan terhadap residen pecandu narkoba; (2) Penerapan komunikasi verbal dan nonverbal; (3) Menjadikan residen familier dengan konselor; (4) Bimbingan kepercayaan terhadap residenl; (5) Implementasi sistem kekeluargaan;dan (6) Hambatan yang dihadapi Yayasan Harapan Permata Hati Kita dalam membina para pecandu narkoba. Untuk itu, penelitian ini juga mengusulkan beberapa saran yang dapat dilakukan oleh Yayasan Harapan Permata Hati Kita seperti melaksanakan program-program yang menunjang pemulihan pecandu narkoba secara rutin, melakukan sosialisasi bahayanya penyalahgunaan pemakaian narkotika kepada seluruh masyarakat, dan bekerja sama dengan instansi pemerintah serta stakeholder dalam pemberantasan penyalahgunaan narkotika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Khairil Anwar Khairil
Date Deposited: 30 Apr 2021 02:53
Last Modified: 30 Apr 2021 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17055

Actions (login required)

View Item
View Item