Penerapan Strategi Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di MTs

Silmina, 150205117 (2020) Penerapan Strategi Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di MTs. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Strategi Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di MTs]
Preview
Text (Penerapan Strategi Pembelajaran REACT Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di MTs)
Silmina, 150205117, FTK, PMA, 0853606088884.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Secara umum pemahaman konsep masih sangat rendah. Oleh karena itu, masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hal ini bisa dilakukan dengan pembelajaran menggunakan strategi REACT. Rancangan penelitian bersifat Pre–test Post-test control group design, populasi seluruh siswa kelas VII MTsN 8 Aceh Besar, sedangkan sampel diambil secara Random Sampling yaitu kelas VII4 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, sedangkan uji-t dengan menggunakan Excel 2013 dan bantuan SPSS24 setelah data dikonversikan ke skala interval dengan bantuan MSI. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTsN 8 Aceh Besar yang diajarkan melalui strategi pembelajaran REACT. Berdasarkan hasil pengolahan data statistik uji-t pihak kanan, diperoleh bahwa t_hitung = 2,54 dan t_tabel = 1,675. Maka t_hitung>t_(tabel ). Hal ini berarti bahwa terima H1 dan tolak H0. Berdasarkan hasil uji-t tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran REACT lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Nuralam, M.Pd. Pembimbing II : Cut Intan Salasiyah, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematis, REACT.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Silmina Silmina
Date Deposited: 30 Apr 2021 02:57
Last Modified: 30 Apr 2021 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17057

Actions (login required)

View Item
View Item