Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Penerapan Model Pembelajaran CORE pada Siswa SMP

Nuning Purwanti, 150205096 (2020) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Penerapan Model Pembelajaran CORE pada Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Penerapan Model Pembelajaran CORE pada Siswa SMP]
Preview
Text (Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Penerapan Model Pembelajaran CORE pada Siswa SMP)
Nuning Purwanti, 150205096, FTK, PMA, 089684360905.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah suatu komponen penting dalam matematika. Hal ini sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika yaitu memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, dan menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah, segingga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu model pembelajaran CORE. Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui : (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang diajarkan antara model CORE dengan pembelajaran konvensional, (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model CORE. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi SMP Negeri 3 Meulaboh, dengan pengambilan sampel yang dilakukan dengan pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling dengan merandom kelas yang paralel. Pada penelitian ini sampelnya terdiri atas dua kelas yaitu VIII4 sebagai kelas eksperimen dan VIII6 sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan model pembelajaran CORE lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, hal ini dapat diperoleh dari data statistik uji-t dengan thitung = 3,45 dan ttabel = 1,67.(2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Meulaboh yang diajarkan melalui model pembelajaran CORE, hal ini dapat diketahui dari hasil N-Gain pretest yang tergolong pada kategori rendah dan posttest yang tergolong pada kategori sedang dan hasil uji paired sample t-test diperoleh〖 t〗_tabelsebesar 1,67 dan t_hitungsebesar 13,86 yang berarti t_hitung>t_tabel yaitu 13,86 > 1,67. Dengan demikian H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran CORE pada siswa SMP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd. Pembimbing II : Novi Trina Sari, S.Pd.I.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah Matematis, CORE
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nuning Purwanti
Date Deposited: 30 Apr 2021 02:55
Last Modified: 30 Apr 2021 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17058

Actions (login required)

View Item
View Item