Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Islam YPUI Banda Aceh

Yuliza Fitri, 260818261 (2017) Model Pembelajaran Project Based Learning (PBL) pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP Islam YPUI Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-RaniryBanda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Kerja Kelompok)
SKRIPSI YULIZA FITRI 160818261 FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Matematika termasuk salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan pada sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP). Mata pelajaran ini terdiri dari beberapa bagian, yang dipilih dalam upaya mengembangkan kemampuan dasar para siswa untuk dapat memahami pengetahuan lainnya. Sehingga pelajaran matematika tidak dapat dipisahkan dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu kajian materi matematika di SLTP adalah materi himpunan. Materi himpunan sangat penting dalam matematika dan dalam kehidupan sehari-hari, namun masih ada kenyataannya siswa yang kurang mampu dalam memecahkan persoalan himpunan, contohnya siswa sulit mendefinisikan arti himpunan, sulit membedakan suatu himpunan dangan himpunan yang lain, kurang mengenal lambang-lambang dan istilah yang ada dalam himpunan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan kreatif dalam mengkonstruksi ide-idenya melalui berbagai cara, metode dan model pembelajaran untuk membentuk suatu pemahaman matematika. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan dalam pembelajaran adalah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PBL). Project Based Learning (PBL) adalah pembelajaran yang memuat tugas-tugas yang komplek berdasarkan pada pertanyaan dan permasalahan, menuntut siswa untuk merancang, memecahkan masalah, mengambil kesimpulan dan mempertanggungjawabkan hasil kerja yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada materi himpunan dengan menggunakan Project Based Learning (PBL) di kelas VII SMP Islam YPUI Banda Aceh.Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Islam YPUI Banda Aceh sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, observasi aktivitas siswa, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Sedangkan teknik pengolahan data adalah menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 4 siswa (14,28%) tidak tuntas dan 24 siswa (85,71%) tuntas. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) pada materi himpunan tuntas, baik secara klasikal maupun individual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. H. Adnan Ismail 2. Husnizar, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, PBL, Siswa, SMP
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Yuliza Fitri
Date Deposited: 21 Nov 2017 04:31
Last Modified: 21 Nov 2017 04:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1708

Actions (login required)

View Item View Item
TOP