Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada Konsep Energi dan Daya di Kelas XI SMA Negeri 12 Banda Aceh

Eki Azhari, 250717022 (2014) Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada Konsep Energi dan Daya di Kelas XI SMA Negeri 12 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Sain Teknologi Masyarakat (STM)]
Preview
Text (Membahas tentang Sain Teknologi Masyarakat (STM))
Eki Azhari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas XI IA-4 SMA Negeri 12 Banda Aceh masih menggunakan metode diskusi sehingga siswa hanya terfokus pada apa yang disampaikan guru untuk didiskusikan saja. Hal ini membuat siswa tidak dapat melihat ketuntasan hasil belajarnya sesuai dengan salah satu dari tujuan pembelajaran fisika yang diharapkan. Salah satu cara untuk dapat mengasah pengetahuan ilmiah siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran STM. STM merupakan model pembelajaran yang mengaitkan
antara sains, teknologi dan masyarakat ke dalam pembelajaran, dimana penerapannya diawali dengan mengemukakan isu-isu yang ada dalam masyarakat dan berkaitan dengan konsep yang akan dibahas. Oleh karena itu diadakan
penelitian untuk hal tersebut. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan enggunakan model STM. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang diteliti adalah siswa kelas XI IA-4 SMA Negeri 12 Banda Aceh yang berjumlah 21 orang. Setiap
siklus terdiri dari lima tahap, yaitu tahap pendahuluan (Invitasi), tahap pembentukan konsep, tahap aplikasi konsep dalam kehidupan, tahap pemantapan konsep, dan tahap penilaian. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah (1) soal tes sesuai dengan aspek pengetahuan ilmiah; (2)lembar observasi aktivitas
guru dan siswa; (3) lembar respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan (1)Hasil Belajar siswa mengalami peningkatan dengan persentase 57,14% pada siklus I, 71,42% pada siklus II dan 90,47% pada siklus III.; (2) aktivitas guru dan siswa
paling dominan pada aspek pembentukan konsep dan pemantapan konsep, dan penilaian yaitu sebesar 22,58%; (3)Hasil analisis angket respon siswa terhadap pembelajaran melalui STMdalam pembelajaranpada konsep Energi dan Daya,diperoleh nilai rata-rata persentase 67,05% yang artinya bahwa siswa
tergolong dalam kategori tertarik dengan pembelajaran yang dilakukan Melalui penerapan Pendekatan STM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Azhar Amsal, M. Pd 2. Fitriyawani, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Energi, Masyarakat, STM
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Eki Azhari Eki Ayu Azhari
Date Deposited: 23 Nov 2017 03:32
Last Modified: 23 Nov 2017 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1711

Actions (login required)

View Item
View Item