Laporan Penelitian: Pengembangan Kompetensi Akademik Dosen Bahasa Arab Dalam Pengelolaan Perkuliahan Pada Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Di Indonesia

Fithriani, 2001127504 and Fajriah, 2018038201 (2021) Laporan Penelitian: Pengembangan Kompetensi Akademik Dosen Bahasa Arab Dalam Pengelolaan Perkuliahan Pada Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Di Indonesia. UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Laporan Penelitian: Pengembangan Kompetensi Akademik Dosen Bahasa Arab Dalam Pengelolaan Perkuliahan Pada Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Di Indonesia]
Preview
Text (Laporan Penelitian: Pengembangan Kompetensi Akademik Dosen Bahasa Arab Dalam Pengelolaan Perkuliahan Pada Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Di Indonesia)
Pengembangan Kompetensi Akademik Dosen Bahasa Arab Dalam Pengelolaan Perkuliahan Pada Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Di Indonesia-fitri-8eks-PTPN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kompetensi dosen merupakan aspek penting untuk mendukung proses perkuliahan Bahasa Arab berkualitas, realtas di lapangan masih terdapat dosen bahasa Arab yang kurang berkomptensi. Fokus penelitian ini mengkaji tiga permasalah, berupa; (1) kompetensi akademik dosen bahasa Arab dalam pengelolaan perkuliahan pada FTK Universitas Islam Negeri di Indonesia, (2) strategi pengembangan kompetensi akademik dosen bahasa Arab FTK pada Universitas Islam Negeri di Indonesia, dan (3) kendala pengembangan kompetensi akademik dosen bahasa Arab FTK pada Universitas Islam Negeri di Indonesia. Metodologi penelitian yang digunakan kualitatif. Subjek penelitian dua orang dekan FTK dan 20 dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab FTK pada Universitas Islam Negeri di Indonesia yang ditentukan secara purposive. Sementara analisis data menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh; dosen yang bertugas pada prodi pendidikan Bahasa Arab FTK Universitas Islam Negeri di Indonesia, strategi pengembanga kompetensi akademik dosen Bahasa Arab dilakukan melalui pelatihan dan pendidikan doktor (S3), sedangkan kendala pengembangan kompetensi dosen disebabkan faktor individu. Sebagaian dosen tidak termotivasi melanjutkan pendidikan S3 dengan alasan yang bervariasi.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fithriani Gade
Date Deposited: 10 May 2021 03:06
Last Modified: 10 May 2021 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17129

Actions (login required)

View Item
View Item