Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kematangan Karir Pada Remaja Panti Asuhan Sos Children’s Village Banda Aceh

Rizka Nasma, 160901010 (2021) Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kematangan Karir Pada Remaja Panti Asuhan Sos Children’s Village Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kematangan Karir Pada Remaja Panti Asuhan Sos Children’s Village Banda Aceh]
Preview
Text (Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kematangan Karir Pada Remaja Panti Asuhan Sos Children’s Village Banda Aceh)
Rizka Nasma, 160901010, FIP, PSI, 082279217851.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masa remaja merupakan masa yang tepat untuk mempersiapkan karir dengan lebih matang. Diantara beberapa faktor yang mempengaruhi kematangan karir, salah satunya adalah faktor kepribadian yang meliputi konsep diri dan menjadi bagian terpenting bagi individu dalam mencapai kematangan karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan kematangan karir pada remaja panti asuhan SOS Children’s Village Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan teknik penentuan sampel menggunakan sampling total (sampling jenuh). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 70 remaja panti asuhan dan keseluruhan populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dua alat ukur berupa skala psikologi yaitu skala konsep diri dan skala kematangan karir. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara konsep diri dengan kematangan karir pada remaja panti asuhan SOS Children’s Village Banda Aceh. Analisis data berdasarkan uji Korelasi Pearson dan menunjukkan nilai r = 0,460 merupakan korelasi positif yang sangat signifikan, dan nilai p = 0,000 (p<0,05). Dari hasil analisis tersebut dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan antara konsep diri dengan kematangan karir pada remaja panti asuhan SOS Children’s Village Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Rizka Rizka Nasma
Date Deposited: 25 May 2021 04:07
Last Modified: 25 May 2021 04:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17142

Actions (login required)

View Item
View Item