Penyaluran Dana CSR Program Bina Lingkungan Pada PT Angkasa Pura II Bandara SIM Dalam Perspektif Tabarru’ (Suatu Penelitian Di Kecamatan Kuta Baro)

Fauza Fiddaraini, 170102112 (2021) Penyaluran Dana CSR Program Bina Lingkungan Pada PT Angkasa Pura II Bandara SIM Dalam Perspektif Tabarru’ (Suatu Penelitian Di Kecamatan Kuta Baro). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penyaluran Dana CSR Program Bina Lingkungan Pada   PT Angkasa Pura II Bandara SIM Dalam Perspektif Tabarru’ (Suatu Penelitian Di Kecamatan Kuta Baro)]
Preview
Text (Penyaluran Dana CSR Program Bina Lingkungan Pada PT Angkasa Pura II Bandara SIM Dalam Perspektif Tabarru’ (Suatu Penelitian Di Kecamatan Kuta Baro))
Fauza Fiddaraini, 170102112, FSH, HES, 082350494272.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Program CSR berfungsi sebagai salah satu wujud tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat sekitar. Salah satu program CSR yaitu program bina lingkungan dimana program ini memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar perusahaan. Peneliti ini bertujuan untuk melihat bagaimana perusahaan melakukan kegiatan CSR dengan beberapa persoalan, pertama bagaimana penyaluran dana CSR program Bina Lingkungan pada PT Angkasa Pura II (Bandara SIM) untuk masyarakat kecamatan Kuta Baro. Kedua, bagaimana perspektif tabarru’ terhadap penyaluran dana CSR program bina lingkungan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskripsif analisis, yaitu metode dengan menganalisis praktik yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura II terhadap Penyaluran Dana CSR Program Bina Lingkungan Pada PT Angkasa Pura II Dalam Perspektif Tabarru’. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama Penyaluran dana CSR PT Angkasa Pura II Bandara SIM lebih mengedepankan pada pengajuan proposal. Pihak manajemen hanya berupaya menggilirkan penyaluran dana untuk setiap gampong yang berada di sekitar lingkungan untuk membantu masyarakat sekitar perusahaan, maka pihak manajemen perusahaan menyalurkan dana dalam bentuk program bina lingkungan yang ada tujuh bentuk. Namun penyaluran dananya tidak terealisasi setiap tahun dikarena terbatasnya anggaran. Kedua, PT Angkasa Pura II cabang Bandara SIM sudah menerapkan prinsip tabarru’. Dalam penyaluran dana ini pihak manajemen bandara SIM tidak menuntut atau mewajibkan pengembalian dalam bentuk apapun, perusahaan tersebut hanya memberikan bantuan secara sukarela.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : 1. Dr. Ridwan Nurdin, M.CL. 2. Mumtazinur, M.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.242 Mudharabah (Bagi Hasil/Sirkah Modal dan Tenaga)
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.29 Aspek Muamalat Lainnya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Fauza Fiddaraini Fauza
Date Deposited: 25 May 2021 08:49
Last Modified: 25 May 2021 08:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17144

Actions (login required)

View Item
View Item