Pemidanaan Anak di Bawah Umur Menurut Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Hukum Jinayat (Studi Kasus di LPKA Kelas II Banda Aceh)

Faisal Husaini, 140104103 (2021) Pemidanaan Anak di Bawah Umur Menurut Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Hukum Jinayat (Studi Kasus di LPKA Kelas II Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Pemidanaan Anak di Bawah Umur Menurut Qanun Aceh]
Preview
Text (Tentang Pemidanaan Anak di Bawah Umur Menurut Qanun Aceh)
Faisal Husaini, 140104103, FSH, HPI, 081260761494.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Keterlibatan anak di bawah umur dalam kasus pidana di Aceh terus terjadi bahkan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Oleh karena itu pihak pemerintah telah membentuk lembaga khusus dalam menangani berbagai kasus pidana yang dilakukan oleh anak-anak di bawah umur tersebut, salah satunya ialah LPKA Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kasus pemidanaan terhadap Anak di Bawah Umur Pada LPKA Banda Aceh, upaya pembinaan anak di bawah umur di LPKA Banda Aceh Menurut Qanun Aceh No. 6 Tahun 2014 dan upaya advokasi hukum yang dilakukan pihak LPKA Banda Aceh terhadap anak di bawah umur. Penelitian ini menggunakan metode lapangan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian diketahui bahwa jenis kasus pemidanaan terhadap anak di bawah umur pada LPKA Banda Aceh terdiri dari kasus asusila, pencurian dan tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Upaya pembinaan anak di bawah umur di LPKA Banda Aceh sudah sesuai dengan Qanun Aceh No. 6 Tahun 2014. Hal ini terlihat dengan dipenuhinya hak-hak anak selama menjalani masa pembinaan baik dalam bidang pendidikan, pendidikan hukum, ibadah, kesehatan fisik dan juga psikologis. Upaya advokasi hukum yang dilakukan pihak LPKA Banda Aceh terhadap anak di bawah umur berupa pemberian pendidikan kesadaran hukum melalui kerja sama dengan lembaga hukum sesuai ksusu anak seperti BNN, lembaga advokasi, psikolog dan juga pihak pengasuh dari pendidikan agama serta sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.5 Hukum Pidana Islam (Jinayat)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Faisal Husaini Faisal
Date Deposited: 27 May 2021 03:02
Last Modified: 27 May 2021 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17149

Actions (login required)

View Item
View Item