Pengaruh Strategi Guru dalam pengelolaan kelas pada Pembelajaran IPS terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di MIN 33 Aceh Besar

Siti Uswatul Phonna, 160209002 (2021) Pengaruh Strategi Guru dalam pengelolaan kelas pada Pembelajaran IPS terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di MIN 33 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Pengaruh Strategi Guru dalam pengelolaan kelas]
Preview
Text (Tentang Pengaruh Strategi Guru dalam pengelolaan kelas)
Siti Uswatul Phonna, 160209002, FTK, PGMI, 085254863860.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan kelas adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh guru dalam mendayagunakan potensi kelas, serta menciptakan kondisi belajar agar tetap optimal dan menyenangkan serta dapat mengembalikan ke kondisi yang optimal jika terjadi gangguan dalam proses pembelajaran. Motivasi belajar IPS adalah suatu dorongan yang muncul dari dalam diri maupun dari luar diri siswa yang dapat menggerakkan untuk dapat lebih giat dalam melakukan kegiatan belajar IPS agar tentunya dapat tercapai tujuan yang diinginkan yang ditandai dengan perubahan tingkah laku baik kognitif, afektif maupun psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Strategi pengelolaan kelas pada pembelajaran IPS, (2) Motivasi belajar IPS siswa, (3) pengaruh strategi guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah, (1) pengelolaan kelas di kelas V MIN 33 Aceh Besar termasuk kategori baik dengan angka presentase yaitu 85,4%, (2) motivasi belajar IPS siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan angka presentase yaitu 88,5%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas tarhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V MIN 33 Aceh Besar. Hal itu dapat dilihat berdasarkan perbandingan antara thitung dan ttabel menujukkan hasil perhitungan secara manual yaitu menunjukkan nilai thitung = 4,216 > ttabel = 1,705, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sedangkan dari hasil uji regresi linear sederhana yang dilihat dari nilai probabilitas, dengan nilai probabilitas (sig) yang diperoleh sebesar 0,002 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dan nilai R Square atau r2 diperoleh 0,322. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh pengelolaan kelas (X) terhadap motivasi belajar IPS siswa (Y) sebesar 32,2%. Maka dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas memiliki pengaruh yang rendah terhadap motivasi belajar IPS di kelas V MIN 33 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Uswatul Phonna Siti
Date Deposited: 28 May 2021 08:41
Last Modified: 28 May 2021 08:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17163

Actions (login required)

View Item
View Item