Waktu Pelaksanaan Akikah pada Masyarakat Kec. Peusangan Kab. Bireuen Ditinjau Menurut Mazhab Syafi’i dan Mazhab Maliki

Hazriansyah, 160103011 (2021) Waktu Pelaksanaan Akikah pada Masyarakat Kec. Peusangan Kab. Bireuen Ditinjau Menurut Mazhab Syafi’i dan Mazhab Maliki. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Tentang Waktu Pelaksanaan Akikah)
Hazriansyah, 160103011, FSH, PMH, 085360289576.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pertentangan yang terjadi antara Mazhab yang mengkaji mengenai waktu pelaksanaan akikah telah diformulasikan oleh ulama-ulama terdahulu sebagaimana kajian Mazhab Syafi’i dan Maliki. Sebagaimana disebutkan, ada perbedaan riwayat kalangan Mazhab Al-Malikiyah, antara yang membolehkan dan yang tidak membolehkan. Salah satunya perbedaan antara waktu pelaksanaan akikah menurut Mazhab Syafi’i dan Mazhab Maliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan waktu pelaksanaan akikah ditinjau menurut Mazhab Syafi’i dan Mazhab Maliki. Selain itu untuk untuk mengetahui relevansi waktu pelaksanaan akikah pada masyarakat Kec. Peusangan Kab. Bireuen ditinjau menurut Mazhab Syafi’i dan Mazhab Maliki. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis yaitu penulis memaparkan secara detail mengenai fakta-fakta yang penulis temukan di lapangan atau masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) sebagai data primer, teknik pengumpulan dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi dokumentasi dan penelitian kepustakaan (library research) untuk memperoleh data skunder, penulis membaca dan menelaah buku/literature yang berkenaan dengan ruang lingkup penelitian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan waktu akikah pada masyakat Kec. Peusangan seorang bayi di akikahkan lebih dari hari ke-7, 14, maupun hari ke-21, namun hal tersebut dilakukan secara kemampuan dari keluarga anak yang ingin di mengakikahkan. Selain itu ada juga akikah dilaksanakan saat anak beranjak dewasa karena dianggap sesuai dengan kemampuan ataupun ekonomi dari masyarakat tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.28 Perbandingan Hukum Islam dengan Hukum Lainnya dibidang Muammalat, Termasuk Hukum Adat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Perbandingan Mazhab
Depositing User: Hazriansyah Rian
Date Deposited: 31 May 2021 03:52
Last Modified: 31 May 2021 03:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17174

Actions (login required)

View Item View Item
TOP