Tentang Implementasi Qanun Kabupaten Aceh Jaya No. 5 Tahun 2013 tentang Penertiban Ternak (Studi Kasus Jalan Lintas Raya Lintas Provinsi Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya)

Usman Fauzi, 160802034 (2020) Tentang Implementasi Qanun Kabupaten Aceh Jaya No. 5 Tahun 2013 tentang Penertiban Ternak (Studi Kasus Jalan Lintas Raya Lintas Provinsi Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Implementasi Qanun Kabupaten Aceh Jaya No. 5 Tahun 2013 tentang Penertiban Ternak]
Preview
Text (Tentang Implementasi Qanun Kabupaten Aceh Jaya No. 5 Tahun 2013 tentang Penertiban Ternak)
Usman Fauzi, 160802034, FISIP, IAN, 082277404848.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keberadaan hewan ternak liar di Kabupaten Aceh Jaya sudah sangat mengganggu ketertiban jalan raya. Selain itu, kondisi ini juga mengurangi keindahan kota serta mengancam keselamatan jiwa manusia. Menyingkapi permasalahan tersebut Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya telah menerbitkan Qanun Nomor 5 Tahun 2013 Tentang Penertiban Ternak. Namun masih banyak dijumpai hewan ternak yang berkeliaran di tempat umum seperti kawasan gedung pemerintahan dan di jalan nasional lintas provinsi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi Qanun Kabupaten Aceh Jaya Nomor 5 Tahun 2013 Tentang Penertiban ternak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Qanun Kabupaten Aceh Jaya Nomor 5 Tahun 2013 Tentang Penertiban Ternak belum efektif. Hal ini dapat dilihat berdasarkan teori Edward III sebagai berikut, komunikasi sekaligus sosialisasi terhadap implementasi Qanun tersebut sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya namun belum maksimal. Sumber daya manusia dalam implementasi Qanun tersebut sudah baik namun dari segi seumber daya anggaran berkaitan dengan sarana dan prasarana masih belum memadai. Sikap pelakasana atau disposisi terhadap implementasi Qanun tersebut menunjukkan kurang seriusnya pemerintah. Struktur organisasi telah jelas diatur dalam Qanun tersebut, namun kurangnya koordinasi menyebabkan kurang efektifnya dalam implementasi Qanun tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Usman Fauzi
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:46
Last Modified: 02 Jun 2021 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17182

Actions (login required)

View Item
View Item