Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MTs

Misbahul Jannah, 140205028 (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MTs. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MTs]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MTs)
Misbahul Jannah, 140205028, FTK, PMA, 082168570259.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika penting untuk menumbuhkan kemampuan dalam diri siswa menggunakan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan meggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Prosedures (CUPs) lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional ? dan bagaimana respon siswa setelah diterapkannya model pembelajaran tersebut? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan respon siswa terhadap model pembelajaran CUPs. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Penelitian ini dilakukan di Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-2 MTsS berjumlah 37 orang sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan model CUPs dan siswa kelas VIII-1 berjumlah 34 orang sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Instrumen penelitian ini yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik analisis data kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan uji perbedaan rata-rata dua dan data respon siswa dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian diperoleh 1) sebaran data pretes dan posttes kelas kontrol maupun eksperimen. Data pretes dan posttes kelas kontrol dan eksperimen adalah homogen. Hasil uji-t independen, diperoleh t_hitung=4,40 dan t_tabel=1,99, atau 4,40>1,99 sehingga H_0 ditolak. 2) Rata-rata respon siswa diperoleh dengan skala 2,75 dari total skala 4. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh pembelajaran melalui model CUPs lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. dan respon siswa terhadap model CUPs adalah positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Burhanuddin, AG, M.Pd Pembimbing II : Budi Azhari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Respon Siswa, Model Pembelajaran CUPs
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Misbahul Jannah
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:45
Last Modified: 02 Jun 2021 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17186

Actions (login required)

View Item
View Item