Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar

Denni Aulia, 160206096 (2020) Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tentang Kepemimpinan Transformasional Terhadap Profesionalisme Guru]
Preview
Text (Tentang Kepemimpinan Transformasional Terhadap Profesionalisme Guru)
Denni Aulia, 160206096, FTK, MPI, 082280280667.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan transformasional dapat diartikan sebagai proses untuk merubah dan
mentranformasikan individu agar mau berubah dan meningkatkan profesionalime untuk
masa yang akan datang, yang didalamnya melibatkan motif dan memenuhi kebutuhan serta
penghargaan terhadap para bawahan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk
mengetahui komponen kepemimpinan transformasional dalam peningkatan
transformasional di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa, 2) Untuk mengetahui urgensitas
kepemimpinan transformasional dalam peningkatan profesionalisme di MAS Ruhul Islam
Anak Bangsa, 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan
transformasional kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MAS
Ruhul Islam Anak Bangsa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analisa
dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan 2
orang guru MAS Ruhul Islam Anak Bangsa Aceh Besar. Berdasarkan hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: 1) Implementasi komponen kepemimpinan kepala Madrasah dalam
peningkatan profesionalisme guru di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa dilaksanakan dengan
memberikan pengaruh, motivasi, bimbingan terhadap guru, 2) Urgensitas kepemimpinan
transformasional kepala madrasah dalam peningkatan profesionalisme guru di MAS Ruhul
Islam Anak Bangsa adalah dengan melakukan kegiatan pembinaan untuk meningkatkan
profesionalisme guru, 3) Faktor yang mendukung kepemimpinan transformasional kepala
madrasah dalam peningkatan profesionalisme guru MAS Ruhul Islam Anak Bangsa adalah
dengan adanya fasilitas yang memadai dan memberikan penghargaan atau reward kepada
guru, 4) Faktor yang menghambat kepemimpinan transformasional dalam peningkatan
profesionalisme guru adalah masih ada guru yang tidak meluangkan waktunya untuk
mengikuti pelatihan atau pembinaan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Sri Rahmi, MA 2. Ti Halimah, S.Pd.I, MA
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Profesionalisme Guru
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Denni Aulia Denni
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:39
Last Modified: 03 Jun 2021 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17197

Actions (login required)

View Item
View Item