Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Bukit Bener Meriah

Yustika Agustriana, 160206071 (2021) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Bukit Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Bukit Bener Meriah]
Preview
Text (Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 1 Bukit Bener Meriah)
Yustika Agustriana, 160206071, FTK, MPI, 082273781756.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah sangat berperan penting dalam meningkatkan kinerja guru. Kepala sekolah sebagai pemimpin harus memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dan mengarahkan bawahannya agar dapat menyelesaikan tugas-tugasnya. Strategi yang tepat akan membantu proses pelaksanaan kinerja guru menjadi efektif dan efesien. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi yang dilakukan kepada sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 1 Bukit Bener Meriah, untuk mengetahui model-model kinerja yang diterapkan dan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dialami kepala sekolah dalam hal meningkatkan kinerja guru. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian disini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan wawancara dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepala sekolah sudah melakukan fungsi-fungsinya sebagai kepala sekolah sehingga kinerja guru di SMP Negeri 1 Bukit Bener Meriah sudah efektif dan efesien. Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dengan menggunakan 4 cara yaitu rapat pembagian tugas guru, mengarahkan guru untuk membuat RPP, peningkatan kapasitas guru melalui program MGMP, monitoring dan evaluasi kinerja guru. model-model kinerja yang diterapkan di SMP Negeri 1 Bukit Bener Meriah adalah model kinerja rob noris, model kinerja Oregon dan model kinerja standford. Hambatan dalam meningkatkan kinerja guru adalah faktor ekonomi dari guru tersebut dan ketidak disiplinan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yustika Agustriana Yustika
Date Deposited: 03 Jun 2021 02:58
Last Modified: 03 Jun 2021 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17209

Actions (login required)

View Item
View Item