Evizarianti, 150201139 (2020) Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMAN Krueng Barona Jaya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Evizarianti, 150201139, FTK, PAI, 085262926730.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB) | Preview
Abstract
Kompetensi pedagogik adalah pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Seperti halnya yang terjadi di SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar bahwa guru PAI hampir memenuhi kompetensi pedagogik. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 1 Krueng Barona Jaya? Apa saja kendala yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis melalui deskriptif. Hasil penelitian ditemukan bahwa kompetensi pedagogik guru PAI di SMAN 1 Krueng Barona Jaya sudah memadai, guru sudah memiliki wawasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik, evaluasi hasil belajar dan juga dapat mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya. Adapun kendala yang dialami guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa ialah kurangnya kesadaran dari diri peserta didik tersebut. Kompetensi pedagogik guru PAI di SMAN 1 Krueng Barona Jaya sudah memenuhi kriteria pedagogik guru, guru sudah memiliki landasan kependidikan yang sudah memadai dan juga sudah memahami karakter peserta didik. Dalam perancangan pembelajaran, guru PAI sudah membuat RPP, tetapi pada saat proses pembelajara berlansung, guru tidak menggunakan media seperti infokus dan pada saat pelaksanaan pembelajaran yang mendidik, guru kurang tegas pada saat pembelajaran berlangsung. Pemanfaatan terknologi pembelajaran di sekolah kurang memadai dikarenakan ada beberapa kelas yang tidak tersedia aliran listrik, dan dalam proses evaluasi belajar, setiap pertemuan guru PAI mengadakan evaluasi yang mengacu pada KD dan indikator untuk mengetahui sejauh mana kemampuan masing
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dra. Juairiah Umar, M.Ag Pembimbing II : Sri Astuti, S.Pd. I, MA |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru PAI, Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Evizarianti Evizarianti |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 04:27 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 04:27 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17217 |