Hubungan Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA Negeri 1 Rundeng

Siti Hanisah, 160204047 (2021) Hubungan Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA Negeri 1 Rundeng. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Hubungan Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA Negeri 1 Rundeng] Text (Hubungan Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA Negeri 1 Rundeng)
Siti Hanisah, 160204047, FTK, PFS, 085834915068..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB)

Abstract

Penelitian tentang hubungan kesadaran metakognitif dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fisika merupakan objek yang menarik untuk diteliti. Pembelajaran Fisika di SMA diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk pemecahan masalah. Pemecahan masalah memegang peranan penting dalam pembelajaran Fisika. Pelibatan kesadaran metakognitif dalam pemecahan masalah juga menjadi hal pokok dalam menentukan keberhasilan pembelajaran Fisika. Metakognitif merupakan suatu kemampuan seseorang untuk mengenali pengetahuannya dan mengenali bagaimana proses berpfikirnya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara kesadaran metakognitif dengan hasil belajar peserta didik pada materi elastisitas dan hukum Hooke di SMA Negeri 1 Rundeng, penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk melihat keeratan hubungan antara dua variabel atau lebih. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kesadaran metakognitif peserta didik adalah berupa angket metacogitive awareness inventory (MAI) yang berisi 52 pernyataan, sedangkan untuk mengukur hasil belajar peserta didik digunakan instrumen tes berupa butir soal multiple choice sebanyak 20 soal. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui uji korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata kesadaran metakognitif termasuk dalam kategori baik dengan persentase 73,15%. Analisis data hasil belajar peserta didik pada materi elastisitas dan hukum Hooke menunjukkan bahwa peserta didik yang memperoleh hasil belajar dalam kategori sangat tinggi sebesar 30,43%, kategori tinggi sebesar 52,17% dan kategori sedang sebesar 17,39%. Hasil uji korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,275. Hasil ini menunjukkan bahwa ada korelasi yang positif antara kesadaran metakognitif dengan hasil belajar peserta didik pada materi elastisitas dan hukum Hooke di SMA Negeri 1 Rundeng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Siti Hanisah Siti
Date Deposited: 04 Jun 2021 03:08
Last Modified: 04 Jun 2021 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17230

Actions (login required)

View Item
View Item