Politik Anggaran Dan Pengelolaan Retribusi Pada Objek Wisata Di Aceh Selatan

Robby Zuniandi, 150801063 (2021) Politik Anggaran Dan Pengelolaan Retribusi Pada Objek Wisata Di Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Politik Anggaran Dan Pengelolaan Retribusi Pada Objek Wisata Di Aceh Selatan]
Preview
Text (Politik Anggaran Dan Pengelolaan Retribusi Pada Objek Wisata Di Aceh Selatan)
Robby Zuniandi, 150801063, FISIP, IPOL, 085260368933.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kebijakan anggaran dalam sektor pariwisata di Kabupaten Aceh Selatan dan mengetahui kebijakan alokasi anggaran dalam sektor pariwisata di Kabupaten Aceh Selatan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya penelitian deskriptif. Informan penelitian ini terdiri pihak Dinas pariwisata dan masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasai dan dokumentasi. Alokasi anggaran untuk pengembangan pariwisata di Kab. Aceh Selatan sangat minim. Pemerintah hanya dapat mengalokasikan dana dalam jumlah terbatas untuk pengembangan kawasan wisata tertentu saja. Dalam 5 tahun terakhir, masih banyak objek wisata yang belum dikembangkan dengan baik. Disamping itu, adanya beberapa hambatan dalam kebijakan pengembangan sektor pariwisata antara lain: interaksi antara pemerintah dengan swasta dan masyarakat, aspek manajemen pembangunan sarana-prasarana, anggaran, aspek manajemen pemasaran dan promosi dan aspek SDM. Sehingga sangat perlu untuk mengambil upaya dan langkah profesional terhadap manajemen organisasi khususnya dalam desain dan proses penyusunan strategi yang tepat dan efektif.Pola pelaksanaan retribusi objek wisata Aceh Selatan memang secara alami masih memadai nan sangat bangus dan banyak di gandrungi khalayak ramai akan tetapi masih kurangnya bantuan dari pemerintah dalam hal anggaran terhadap pengembangan objek wisata yang ada di Aceh Selatan, hanya beberapa objek wisata yang dapat diterapkan retribusi dalam hal ini dapat berdampak pada pendapatan asli daerah (PAD), kurangnya kontrol pemerintah dalam mengawasi pengelolaan objek wisata terhadap hal pengawasan juga menjadi suatu hambatan, kurangnya ketegasan pemerintah dalam menerapkan sanksi bagi pelaksana pengembangan objek wisata agar proses administrasinya berjalan baik dan tentunya sanksi kepada oknum-oknum yang melakukan perusakan-perusakan pada objek wisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Polik Anggaran, Pengelolaan Retribusi, Objek Wusata, Aceh Selatan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Robby Zuniandi Robby
Date Deposited: 04 Jun 2021 03:45
Last Modified: 04 Jun 2021 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17236

Actions (login required)

View Item
View Item