Ragam Hias Kasab Dan Perkembangannya Di Desa Padang Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya (Kajian Simbol dan Makna)

Fitra Rahma, 150501067 (2020) Ragam Hias Kasab Dan Perkembangannya Di Desa Padang Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya (Kajian Simbol dan Makna). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Ragam Hias Kasab Dan Perkembangannya Di Desa Padang Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya (Kajian Simbol dan Makna))
Fitra Rahma, 150501067, FAH, SKI, 082363271219.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Ragam Hias Kasab dan Perkembangannya di Desa Padang Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kasab, jenis kasab dalam adat istiadat, simbol dan makna yang terdapat pada kasab. Penlitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan data yang bersifat kualitatif. Instrumen pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejarah kasab yaitu Keberadaan dari kerajinan sulam-menyulam pada masyarakat Desa Padang di Kecamatan Manggeng Kabupaten Barat Daya sudah terkenal sejak dahulu, hal ini terbukti dari pola dan jenis hiasan-hiasan gantung yang masih ada dan juga beberapa hasil kerajinan lainnya, adapun beberapa jenis kasab dalam adat istiadat seperti: Kaniang, Maracu atau kasab segitiga, Tapak, Kipeh, Banta Gadang (Bantal Besar), Dalansi atau Bentangan Kain, Banta Basusun (Bantal Bersusun), Tabia (Tabir), Tirai Bangku, Tilam Pandak (Tempat Duduk), dan Langit-langit yang berbentuk bulan, bintang dan segitiga. simbol kasab yang ada dalam masyarakat desa Padang berupa yaitu Breuh sigupai, Biji Kacang, Burung Merak, dan Pinto Aceh (Pintu Aceh).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ragam hias kasab, perkembangannya, simbol dan makna.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.9 Adat Istiadat
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.15 Kelompok Sosial
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Fitra Rahma Fitra
Date Deposited: 04 Jun 2021 03:51
Last Modified: 04 Jun 2021 03:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17237

Actions (login required)

View Item View Item
TOP