Implementasi Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ulumul Qur’an Pidie dan Pesantren Sulaimaniyah Kab. Aceh Besar

Zulfan, 30183711 (2021) Implementasi Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ulumul Qur’an Pidie dan Pesantren Sulaimaniyah Kab. Aceh Besar. Masters thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Implementasi Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ulumul Qur’an Pidie dan Pesantren Sulaimaniyah Kab. Aceh Besar]
Preview
Text (Implementasi Manajemen Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ulumul Qur’an Pidie dan Pesantren Sulaimaniyah Kab. Aceh Besar)
Zulfan, 30183711, PS, PAI, 085260267426.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Manajemen dapat diartikan sebagai sebuah proses khas, yang terdiri dari tindakan-tindakan; perencanaan, pengorganisasian, penggiatan, dan juga pengawasan. Dalam bidang pendidikan, termasuk lembaga taḥfīz implementasi manajemen dalam meningkatkan mutu menghafal Al-Qur’an juga sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pembelajaran taḥfīz al-Qur’an, efektifitas manajemen pembelajaran terhadap peningkatan mutu taḥfīz al-Qur’an, peluang dan tantangan implementasi pembelajaran taḥfīz al-Qur’an di Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ) Pidie dan Pesantren Sulaimaniyah Kab. Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan dengan studi lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran taḥfīz al-Qur’an di Pesantren Sulaimaniyah lebih baik dibandingkan dengan MUQ Pidie dan Efektifitas manajemen pembelajaran terhadap peningkatan mutu taḥfīz al-Qur’an di MUQ Pidie dan Pesantren Sulaimaniyah Kab. Aceh Besar sangat berdampak positif terhadap peningkatakan taḥfīz al-Qur’an yang sedang dilaksanakan. Adapun peluang dan tantangan implementasi pembelajaran taḥfīz al-Qur’an di MUQ Pidie dan Pesantren Sulaimaniyah Kab. Aceh Besar antara lain peluangnya adalah dapat meningkatkan mutu lembaga yang lebih berkualitas di masa mendatang, dan ini menjadi tolak ukur bagi lembaga lain dalam pelaksanaan taḥfīz al-Qur’an, serta memiliki daya tarik tersendiri bagi rekrutmen SDM yang lebih luas. Sedangkan tantangan implementasi adalah masih belum memadainya jumlah guru pengajar, sehingga ini menjadi suatu hambatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag, Pembimbing II : Dr. Husnizar, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Taḥfīzul Qur’an, Efektifitas Pembelajaran.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3203 Metodologi
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulfan Zulfan
Date Deposited: 04 Jun 2021 08:36
Last Modified: 04 Jun 2021 08:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17242

Actions (login required)

View Item
View Item