Penerapan Teknik Asertif Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa SMP Negeri 3 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat

Raudhah Jasmin, 160213018 (2021) Penerapan Teknik Asertif Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa SMP Negeri 3 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Teknik Asertif Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa]
Preview
Text (Penerapan Teknik Asertif Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa)
Raudhah Jasmin,160213018, FTK, BK, 085270476359.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Bullying merupakan salah satu bentuk perilaku menyimpang yang sering dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain, misalnya seorang teman terhadap temannya yang lain, atau oleh guru terhadap murid. Di SMP Negeri 3 Meulaboh terdapat kasus bullying pada setiap tingkatan kelas yaitu kelas VII, VIII, dan kelas IX. Kasus bullying yang dimaksud adalah bullying verbal, seperti yang dialami oleh salah seorang siswi kelas VII yang merupakan korban perilaku bullying oleh teman-teman sekelasnya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah teknik asertif dapat mengurangi perilaku Bullying siswa SMP Negeri 3 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode eksperimen, artinya mengidentifikasik atau menunjukkan adanya suatu pengujian (tes Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 3 Meulaboh, yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku siswa sebelum tindakan asertif (pretest) untuk tidak melakukan bullying termasuk dalam kategori tinggi, hal ini dibuktikan bahwa ada 24 orang (66,7%) memperoleh skor tinggi, sedangkan perilaku siswa setelah tindakan asertif (postest) untuk tidak melakukan bullying termasuk dalam kategori tinggi berjumlah 29 orang (80,6%). Hasil uji t-Tes diperoleh nilai thitung (8,563) > ttabel (1,689). Hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis diterima. Berdasarkan dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa teknik asertif dapat mengurangi perilaku Bullying siswa SMP Negeri 3 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Chairan M. Nur, M.Ag 2. Wanty Khaira, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Teknik Asertif, Perilaku Bullying
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Raudhah Jasmin
Date Deposited: 07 Jun 2021 08:26
Last Modified: 07 Jun 2021 08:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17243

Actions (login required)

View Item
View Item