Pendayagunaan Zakat Produktif; Konsep, Peluang dan Pola Pengembangan

Armiadi, 2012117101 (2020) Pendayagunaan Zakat Produktif; Konsep, Peluang dan Pola Pengembangan. Lembaga Naskah Aceh, Banda Aceh. ISBN 978-602-0824-81-9

[img]
Preview
Text
Buku Zakat Produktif.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Islam sebagaimana diyakini umatnya adalah agama yang memiliki pengajaran yang dapat menciptakan rahmatan lil ‘alamin. Jika umat telah memilih Islam sebagai agamanya, memahami dengan benar ajarannya dan melaksanakan dengan penuh istiqamah, dia akan sampai kepada pribadi yang digambarkan oleh al-Qur’an. Kehadirannya akan mampu menciptakan kedamaian dunia. Karena itu siapa saja yang hidup dibawah naungan ajaran Islam, maka dia seharusnya dalam keadaan selamat, mulia, sejahtera, aman, damai, berharkat dan bermartabat.
Untuk mendukung pernyataan di atas dapat kita lihat dari beberapa aspek ajaran Islam yang mengajurkan umat agar berusaha meningkatkan kualitas diri dan kualitas hidupnya. Salah satu diantara anjuran meningkatkan kualitas diri manusia misalnya al-Qur’an memberi rangsangan terhadap orang-orang beriman berilmu pengetahuan, seperti yang terdapat dalam surat al-Mujadalah ayat 11. “Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang beriman diantara kamu dan orang-orang yang berilmu pengetahuan beberapa derajat.” Selain ayat tersebut masih banyak ayat-ayat lain yang mengajak umat Islam agar bersedia menuntut ilmu pengetahuan. Anjuran al-Qur’an tersebut sejalan dengan kebutuhan manusia, pendidikan merupakan unsur penting dalam meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Item Type: Book
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Armiadi
Date Deposited: 07 Jun 2021 09:09
Last Modified: 07 Jun 2021 09:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17249

Actions (login required)

View Item View Item
TOP