Pengembangan Modul Pembelajaran Bebasis Inquiri Terbimbing Pada Materi Hidrokarbon Terintegrasi Kearifan Lokal di SMA Negeri 3 Teupah Selatan

Okahariadi, 150208108 (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Bebasis Inquiri Terbimbing Pada Materi Hidrokarbon Terintegrasi Kearifan Lokal di SMA Negeri 3 Teupah Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pengembangan Modul Pembelajaran Bebasis Inquiri Terbimbing Pada Materi Hidrokarbon  Terintegrasi Kearifan Lokal di SMA Negeri 3 Teupah Selatan]
Preview
Text (Pengembangan Modul Pembelajaran Bebasis Inquiri Terbimbing Pada Materi Hidrokarbon Terintegrasi Kearifan Lokal di SMA Negeri 3 Teupah Selatan)
Okahariadi, 150208108, FTK, PKM, 082249154424.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan tentang penelitian pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis inquiri terbimbing pada materi hidrokarbon terintegrasi kearifan lokal sebagai sumber belajar mandiri siswa di SMAN 3 Teupah Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap modul pembelajaran kimia yang dikembangkan pada materi hidrokarbon di SMAN 3
Teupah Selatan dan untuk mengetahui respon peserta didik dan guru terhadap modul pembelajran kimia yang dikembangkan pada materi hidrokarbon di SMAN
3 Teupah Selatan. Sampel penelitian yaitu dua orang guru kimia, 20 orang peserta didik kelas XI IPA 1. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model 4-D. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi ahli media, materi dan bahasa sedangkan untuk melihat respon guru dan peserta didik menggunakan lembar angket. Hasil persentase yang diperoleh dari ke sembilan validator sejumlah 79,66% dengan kriteria layak dan hasil persentase untuk respon peserta didik dengan kategori setuju 24,08%, kategori sangat setuju 68,83% dan kategori kurang setuju 2,75 % sedangkan hasil respon guru kimia dengan persentase
92,71% dengan kategori sangat setuju. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran kimia sangat layak dijadikan sebagai sumber belajar mandiri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Okahariadi Okahariadi
Date Deposited: 07 Jun 2021 09:03
Last Modified: 07 Jun 2021 09:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17257

Actions (login required)

View Item
View Item