Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Ilmiah Pada Materi Sistem Koloid di MAN 5 Aceh Besar

Erizaldi Putra, 150208009 (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Ilmiah Pada Materi Sistem Koloid di MAN 5 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Ilmiah Pada Materi Sistem Koloid di MAN 5 Aceh Besar]
Preview
Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Ilmiah Pada Materi Sistem Koloid di MAN 5 Aceh Besar)
Erizaldi Putra, 150208009, FTK, PKM, 082214855636.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MAN 5 Aceh Besar tentang pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan ilmiah pada materi sistem koloid. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang tersedia hanya buku paket dan belum bisa menarik minat serta motivasi belajar peserta didik untuk mempelajari materi kimia khususnya materi sistem koloid. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis pendekatan ilmiah, respon peserta didik dan respon guru terhadap lembar kerja peserta didik yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model
4D. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon. Sebelum dilakukan uji coba lapangan, lembar kerja peserta didik divalidasi oleh tim ahli untuk mengetahui kekurangan LKPD pembelajaran tersebut, selanjutnya direvisi dan dilakukan uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata yang diperoleh dari validator ahli media sebesar 80,66%, ahli materi 85,33%, dan ahli bahasa 82,66%, dengan persentase rata-rata 82,88%, hal ini menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) dapat digunakan dengan kriteria layak. Persentase yang diperoleh dari hasil respon peserta didik yaitu 34% sangat tertarik, 55% tertarik, dan 11% kurang tertarik. Persentase dari hasil respon guru yaitu 25% sangat tertarik, 65% tertarik, dan 10% kurang tertarik, hal ini menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik (LKPD) yang dikembangkan dapat digunakan di MAN 5 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Erizaldi Putra Putra
Date Deposited: 08 Jun 2021 04:09
Last Modified: 08 Jun 2021 04:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17262

Actions (login required)

View Item
View Item