Pengelolaan Program Kewirausahaan Dalam Peningkatan Life Skill Santri Di Pesantren Ar-Risalah Krueng Sabee Aceh Jaya

Alisnawati, 160206003 (2021) Pengelolaan Program Kewirausahaan Dalam Peningkatan Life Skill Santri Di Pesantren Ar-Risalah Krueng Sabee Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengelolaan Program Kewirausahaan Dalam Peningkatan Life Skill Santri Di Pesantren  Ar-Risalah Krueng Sabee Aceh Jaya]
Preview
Text (Pengelolaan Program Kewirausahaan Dalam Peningkatan Life Skill Santri Di Pesantren Ar-Risalah Krueng Sabee Aceh Jaya)
Alisnawati, 160206003, FTK, MPI,081214727326.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Dalam menghadapi dunia globalisasi, pesantren saat ini dituntut untuk dapat bersaing dalam dunia pekerjaan, oleh karena itu manajemen pondok pesantren harus mampu menjadikan santri agar menjadi pribadi mandiri yang memiliki potensi, bakat, pribadi yang berani dan memiliki ide-ide yang kreatif dan inovatif, maka dari itu pondok pesantren harus mempunyai program-program atau nilai-nilai kewirausahaan yang harus diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan program kewirausahan di Pondok Pesantren Ar-Risalah Krueng Sabee Aceh Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian yaitu Wakil Pimpinan Pesantren, Ustadz/Ustazah dan Santri. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan terhadap program kewirausahan di Pesantren Ar-Risalah sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari: (1) perencanaan program kewirausahaan yang telah dilaksanakan dengan baik. baik dari menyusun jenis program kewirausahaan yang akan diterapkan, meninjau kembali kapasitas SDM dan dana awal yang diperoleh untuk menjalankan program-program kewirausahaan tersebut. Kemudian penentuan penanggung jawab dari masing-masing program kewirausahan yang telah diterapkan, agar tujuan yang ingin dicapai sesuai yang diharapkan. (2) pelaksanaan kegiatan program kewirausahan dilaksanakan setiap hari pada jam yang telah ditentukan yang tidak mengganggu aktivitas belajar lainnya. Santri diajarkankan praktek secara langsung dan diberikan tanggung jawab penuh terhadap pengelolaan program kewirausahaan. (3) evaluasi program kewirausahaan dilakukan oleh pimpinan dengan cara melihat perkembangan atau keberhasilannya yang dicapai serta melihat laporan dari keuangan yang diperoleh dan juga memberikan arahan dan motivasi kepada santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Kewirausahan, Life Skill
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Alisnawati Alisnawati
Date Deposited: 08 Jun 2021 04:40
Last Modified: 08 Jun 2021 04:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17267

Actions (login required)

View Item
View Item