Hubungan antara Interaksi Sosial dengan Prestasi Belajar Siswa MTsS Darul Hikmah Kajhu, Aceh Besar

Yenni Afriani, 140213075 (2021) Hubungan antara Interaksi Sosial dengan Prestasi Belajar Siswa MTsS Darul Hikmah Kajhu, Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Hubungan antara Interaksi Sosial dengan Prestasi Belajar  iswa MTsS Darul Hikmah Kajhu, Aceh Besar]
Preview
Text (Hubungan antara Interaksi Sosial dengan Prestasi Belajar iswa MTsS Darul Hikmah Kajhu, Aceh Besar)
Yenni Afriani, 140213075, FTK, BK, 082286582427.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Interaksi sosial merupakan hubungan timbal bail individu dengan individu, kelopmok dengan kelompok dengan memiliki tujuan tersendiri. Dimana interaksi sosial apakah memiliki hubungan prestasi belajar atau tidak sehingga mempengaruhi prestasi siswa.Dengan demikian penelitian ini dilakukan bertujuan untuk (1) mengetahui mengetahui peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan interaksi sosial siswa di MTsS Darul Hikmah Kajhu, Aceh Besar, (2) mengetahui upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MTsS Darul Hikmah Kajhu, Aceh Besar, (3)hubungan interaksi sosial dengan prestasi belajar siswa di MTsS Darul Hikmah Kajhu, Aceh Besar. Penelitian ini adalah mix method (campuran) kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsS Darul Hikmah Kajhu, Aceh Besar (193). Total sampel berjumlah 28 siswa yang dipilih secara random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala dan wawancara. Teknik pengumpulan data juantitatif menggunkan angket, untuk data kualitatif menggunakan teknik wawancara.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi linear sederhana dan korelasi product moment pearson. (1) peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan interaksi sosial guru bimbingan dan konseling memberikan bimbingan, arahan dan memberi pemahaman tentang betapa rugi nya jika tidak berani berinteraksi dalam sekolah dan juga akan merugikan diri sendiri. (2) upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar yaitu dengan cara memberi motivasi terhadap anak bahwa setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda dengan cara bercerita supaya siswa akan lebih semangat dengan cara bercerita betapa pentingnya prestasi .Hasil analisis data menunjukkan (3). Nilai Sig. 0,000 sedangkan nilai prabilitas 0,05, jadi nilai sig. = 0,000 lebih kecil dari < nilai p = 0,05 jadi terdapat pengaruh/hubungan antara interaksi sosial dengan prestasi belajar, sehingga Ha diterima. Sedangkan nilai pengaruhnya, (r) = 0,675 dan nilai kontribusi 45%. Jadi r = 0,675 berkonribusi terhadap prestasi belajar siswa sebesar 45%. Jadi r memberi sumbangan kepada prestasi belajar sebesar 0,675. 0,675 berkategori kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.Masbur, S.Ag, M.Ag. Pembimbing II : Dr.Sari Rizki, M.Psi
Uncontrolled Keywords: Hubungan Interaksi Sosial dan Prestasi Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.4 Interaksi sosial antar kelompok
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Yenni Afriani Yenni
Date Deposited: 08 Jun 2021 04:40
Last Modified: 08 Jun 2021 04:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17270

Actions (login required)

View Item
View Item