Dinamika Usaha Bordir Aceh Ibu Rumah Tangga ( Studi di Gampong Weu Krueng, Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar )

Ghina Ramadhani, 160404047 (2020) Dinamika Usaha Bordir Aceh Ibu Rumah Tangga ( Studi di Gampong Weu Krueng, Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar ). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Dinamika Usaha Bordir Aceh Ibu Rumah Tangga ( Studi di Gampong Weu Krueng, Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar ))
Ghina Ramadhani, 160404047, FDK, PMI, 082274242158.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Dinamika Usaha Bordir Aceh Ibu Rumah Tangga (Studi di Gampong Weu Krueng Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar)” Adapun permasalahan dalam penelitian ini ialah bagaimana dinamika usaha bordir Aceh ibu rumah tangga dan apa saja faktor pendorong dan penghambat usaha bordir Aceh ibu rumah tangga. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana dinamika usaha bordir Aceh ibu rumah tangga dan mengetahui apa saja faktor pendorong dan penghambat usaha bordir Aceh ibu rumah tangga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan atau lisan orang-orang atau perilaku yang diamati. Adapun jenis penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian lapangan (Field Research) sebagai tempat untuk menyelidiki gejala objektif yang terjadi dilokasi tersebut serta dilakukan juga untuk laporan ilmiah. Subjek penelitian ini adalah 10 pengrajin usaha bordir Aceh, kepala desa, satu konsultan lembaga PLUT, dan salah satu masyarakat desa Weu Krueng. Teknik pengumpulan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika usaha bordir Aceh ibu rumah tangga di Gampong Weu Krueng mengalami banyak perubahan setelah mendapatkan dukungan dari pihak luar yaitu dari kepala desa dan lembaga PLUT Aceh Besar. Perubahan ini dilakukan dengan berbagai strategi, yaitu dari pemasaran yang sudah meluas se-Aceh, mendapatkan bantuan berupa tempat produksi, pembukuan yang awalnya tidak di mengerti dan sekarang mereka paham akan pengelolaan modal daan penghasilan yang mereka dapatkan, dan kualitas produk ibu-ibu pengrajin sudah sangkat meningkat sehingga peminat pembeli pun bertambah. Pengrajin usaha bordi Aceh memiliki faktor pendukung dalam melakukan usahanya, yaitu motivasi dan keinginan dari ibu-ibu pengrajin, serta untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam rumah tangga. Akan tetapi para pengrajin juga menhadapi hambatan, yaitu terbatasnya modal yang dimilki, mencari bahan baku yang jauh jangkauan jarak dari Gampong usaha bordir Aceh, dan pengelolaan keuangan yang belum baik sehingga pengeluaran dan pemasukan tidak sesuai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dinamika, Bordir Aceh, Ibu Rumah Tangga
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.15 Kelompok Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ghina Ramadhani Ghina
Date Deposited: 08 Jun 2021 04:27
Last Modified: 08 Jun 2021 04:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17274

Actions (login required)

View Item View Item
TOP