Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Budaya Ramah Lingkungan di Min 11 Rukoh Banda Aceh

Cut Nia Aida Fitri, 160206056 (2021) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Budaya Ramah Lingkungan di Min 11 Rukoh Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Budaya Ramah Lingkungan di Min 11 Rukoh Banda Aceh]
Preview
Text (Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Budaya Ramah Lingkungan di Min 11 Rukoh Banda Aceh)
Cut Nia Aida Fitri, 160206056, FTK, MPI, 085207779785.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Budaya Ramah Lingkungan sangat diperlukan, agar terarahnya tujuannya yang diinginkan sehingga dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tujuannya dari pengembangan budaya ramah lingkungan yaitu menjadikan sekolah sehat, aman, bersih dan bebas dari sampah. Yang terjadi pada saat ini banyak siswa dan staff yang kurang peduli terhadap Lingkungan, menganggap bahwa budaya ramah lingkungan tidak berpengaruh terhadap pendidikan. Pada hakikatnya budaya ramah lingkungan sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar dan membentuk kenyamanan belajar. Kepemimpinan sebagai top leader dan manajer yang memiliki kepedulian lingkungan terhadap penyelamatan dan pelestarian fungsi lingkungan hidup yang diimplementasikan dalam pembentukan madrasah berbudaya ramah lingkungan. Mengelola madrasah memerlukan model kepemimpinan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : program, pengembangan, implementasi, tantangan dan peluang budaya ramah lingkungan di MIN 11 Rukoh Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan serangkaian reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Program budaya ramah lingkungan di MIN 11 Rukoh Bandda Aceh meliputi: penyusunan program, penyusunan jadwal pelaksanaan program dan penetapan rencana evaluasi program budaya ramah lingkungan. 2) Pengembangan nya meliputi : Mengalisis lingkungan dan mengimplementasikan Strategi Pengembangan Budaya Ramah lingkungan. 3) tantangan dan peluangnya : Pemanfaatan dan pengelolaan sampah yang bernilai dan berdaya guna, kurangnya ketersediaan alat dan bahan pemanfaatan sampah yang berdaya guna. Dampak kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan budaya ramah lingkungan adalah terbentuknya sikap peduli lingkungan, pola hidup bersih dan sehat, lingkungan madrasah yang baik, dan prestasi madrasah di bidang lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Cut Nia Aida Fitri
Date Deposited: 09 Jun 2021 07:36
Last Modified: 09 Jun 2021 07:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17299

Actions (login required)

View Item
View Item