Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor Kelas X di SMA Negeri 5 Banda Aceh

Evi Nurhidayati, 251222827 (2016) Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor Kelas X di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas model pembelajaran fisika secara kooperatif yang berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning)]
Preview
Text (Membahas model pembelajaran fisika secara kooperatif yang berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning))
Evi Nurhidayati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika di sekolah merupakan suatu mata pelajaran yang masih dianggap sulit untuk dipahami oleh siswa. Proses pembelajaran yang disampaikan membuat siswa kurang aktif untuk memberikan argumen terhadap materi fisika. Pembelajaran masih cenderung berpusat pada guru, siswa hanya menghafal konsep dari materi yang diajarkan, sehingga hasil yang didapat dari proses belajar siswa masih kurang efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model CTL terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor kelas X di SMAN 5 Banda Aceh? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model CTL terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Adapun metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa. Menjadi populasi seluruh siswa/i kelas X dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini kelas X-2 terdiri dari 26 siswa kelas eksperimen dan kelas X-4 terdiri 26 siswa kelas kontrol. Setelah diberi pelakuan dengan model CTL di kelas eksperimen dapat hasil yang berbeda dengan model konvesional pada kelas kontrol kemampuan siswa meningkat dilihat dari nilai posttes kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 75,1 dan nilai posttes kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas kontrol 62,6. Hal ini menunjukkan bahwa model CTL memberikan pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. M. Chalis, M.Ag; NIP. 197201082001121001; 2. Rusydi, M.Pd; NIP. 196611111999031002
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CTL, Fisika, Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Yusrawati Yusrawati
Date Deposited: 27 Jul 2017 03:24
Last Modified: 27 Jul 2017 04:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item
View Item