Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Khusus di MTsN 1 Banda Aceh

Hani Safira, 160205110 (2021) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Khusus di MTsN 1 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Khusus di MTsN 1 Banda Aceh]
Preview
Text (Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Khusus di MTsN 1 Banda Aceh)
Hani Safira, 160205110, FTK, PMA, 082367277198.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis diperlukan untuk memecahkan masalah sehari-hari sehingga memungkinkan siswa menganilisis pemikirannya sendiri untuk memutuskan suatu pilihan dan menarik kesimpulan. Sehingga siswa tersebut dapat mengkaji ulang pendapat yang diberikan berdasarkan pengetahuan yang sudah dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas khusus di MTsN 1 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek sebanyak 3 siswa kelas VIII-11 dengan kemampuan yang berbeda-beda. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan lembar tes sebagai instrumen utama yang dipandu oleh pedoman wawancara dan alat perekam. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh: (1) Subjek dengan kemampuan berpikir kritis matematis dalam kategori tinggi mampu memenuhi empat indikator dengan baik yaitu, menyusun pernyataan disertai alasan, mengidentifikasi asumsi serta data relavan dan tidak relavan suatu masalah yang diberikan, serta menyusun jawaban/menyelesaikan masalah matematika disertai alasan, tetapi cukup untuk indikator memeriksa kebenaran suatu argumen, pernyataan dan proses solusi. (2) Subjek dengan kemampuan berpikir kritis sedang memiliki kemampuan menyusun pernyataan disertai alasan dan mengidentifikasi asumsi yang baik, sementara untuk memeriksa kebenaran argumen, pernyataan dan proses solusi serta mengidentifikasi data relavan dan tidak relavan suatu masalah matematika masih cukup, dan masih kurang dalam menyusun jawaban/menyelesaikan masalah matematika disertai alasan. (3) Subjek dengan kemampuan berpikir kritis rendah memiliki kemampuan yang cukup untuk menyusun pernyataan disertai alasan dan baik dalam mengidentifikasi asumsi, sementara untuk memeriksa kebenaran argumen, pernyataan dan proses solusi, mengidentifikasi data relavan dan tidak relavan suatu masalah matematika serta menyusun jawaban/menyelesaikan masalah matematika disertai alasan masih sangat kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Nuralam, M.Pd. Pembimbing II : Khusnul Safrina, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan Berpikir Kritis, Kelas Khusus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Hani Safira Hani
Date Deposited: 09 Jun 2021 07:20
Last Modified: 09 Jun 2021 07:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17300

Actions (login required)

View Item
View Item