Kemampuan Baca Huruf Al-Halq dengan Penerapan Metode Talaqqi Pada Santri TPA Fathun Qarib

Jasmaludin, 160201115 (2021) Kemampuan Baca Huruf Al-Halq dengan Penerapan Metode Talaqqi Pada Santri TPA Fathun Qarib. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Kemampuan Baca Huruf Al-Halq dengan Penerapan Metode Talaqqi Pada Santri TPA Fathun Qarib]
Preview
Text (Kemampuan Baca Huruf Al-Halq dengan Penerapan Metode Talaqqi Pada Santri TPA Fathun Qarib)
Jasmaluddin, 160201115, FTK, PAI, 085270651374.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Huruf Al-Halq merupakan huruf-huruf yang keluar dari tenggorokan. Santri di TPA Fathun Qarib susah dalam membedakan antara pengucapan huruf-huruf Al-Halq dengan bunyi yang hampir sama. Metode yang dipakai dalam pembinaan kemampuan membaca huruf- huruf Al-Halq adalah metode Talaqqi, karena metode ini dianggap paling cocok untuk santri pada usia kanak-kanak bahkan sampai usia remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca santri dalam mengucapkan huruf-huruf Al-Halq di antara huruf hijaiyah dengan menggunakan metode talaqqi pada Santri TPA Fathun Qarib. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara. Adapun hasil penelitian yang peneliti dapatkan ialah: Peningkatan kemampuan membaca santri dalam mengucapkan huruf-huruf Al-Halq yang terdapat pada huruf hijaiyah dengan menggunakan metode talaqqi bahwa pada umumnya santri kurang lancar dalam pengucapan huruf-huruf Al-Halq, baik huruf- huruf al-Halq hijayyah maupun yang disertai mad, santri kurang bagus dalam pengucapannya. Hal ini dikarenakan huruf-huruf yang keluar dari tenggorokan membuat santri sulit dalam membedakan bentuk atau bunyi pengucapannya. Kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam mengucapkan huruf-huruf Al-Halq dengan metode talaqqi pada Santri TPA Fathun Qarib kendala yang dihadapinya yaitu susah mengatur santri yang super aktif, kurangnya komunikasi antar ustad dan ustazah dan santri ketika mengaji di dalam kelas, kurang nya motivasi dan bimbingan dari orangtua ketika di rumah, kurangnya muraja’ah dan pengulangan materi atau huruf-huruf Al-Qur’an khususnya huruf-huruf Al-Halq ketika di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Jasmaludin Jasmaludin
Date Deposited: 09 Jun 2021 08:25
Last Modified: 09 Jun 2021 08:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17309

Actions (login required)

View Item
View Item