Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay terhadap Hasil Belajar Matematika SMP Negeri 2 Ingin Jaya

Agustina, 140205091 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay terhadap Hasil Belajar Matematika SMP Negeri 2 Ingin Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay terhadap Hasil Belajar Matematika SMP Negeri 2 Ingin Jaya]
Preview
Text (Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay terhadap Hasil Belajar Matematika SMP Negeri 2 Ingin Jaya)
Agustina, 140205091, FTK, PMA, 085262569141.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika dipengaruhi oleh banyak faktor baik secara internal maupun eksternal. Salah satu faktor tersebut adalah kecenderungan guru lebih aktif dalam pembelajaran dibandingkan dengan siswa. Akibatnya siswa pasif dan hasil belajarnya cenderung rendah. Oleh karena itu, salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran matematika di kelas terutama pada materi bentuk aljabar adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Course Review Horay. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif Course Review Horay lebih baik daripada model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Ingin Jaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Quasi Eksperimen dengan model rancangan Control Group Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ingin Jaya tahun ajaran 2018/2019 dan sampel diambil secara purposive sampling yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan VII-B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan perangkat pembelajaran, tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru, dan angket respon siswa. Analisis data hasil belajar siswa menggunakan statistik-t dilakukan melalui uji normalitas data dan uji homogenitas varians. Sedangkan analisis terhadap data aktivitas guru dan respon siswa dilakukan melalui analisis deskriptif. Berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata dengan uji pihak kanan (uji-t) diperoleh bahwa yaitu 3,5 > 1,68. Aktivitas guru selama proses pembelajaran dapat dikategorikan efektif dan baik, serta respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif Course Review Horay adalah positif dengan skor rata-rata 3,48. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif Course Review Horay lebih baik daripada model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP Negeri 2 Ingin Jaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Burhanuddin AG, M.Pd 2. Budi Azhari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay, Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 512 Aljabar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Agustina Agustina
Date Deposited: 10 Jun 2021 02:40
Last Modified: 10 Jun 2021 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17310

Actions (login required)

View Item
View Item