Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP/MTs

Hasriyara, 140205027 (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create Share  (SSCS) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP/MTs]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP/MTs)
Hasriyara, 140205027, FTK, PMA, 082350805097.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang penting di setiap jenjang pendidikan, tidak terkecuali di tingkat SMP/MTs. Tetapi sampai saat ini hasil belajar siswa tentang matematika masih tergolong rendah, salah satu penyebabnya guru saat mengajar masih menggunakan metode berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model search solve create share (SSCS) terhadap hasil belajar matematika siswa SMP/MTs. Penelitian dilakukan di MTsS Dharul Hikmah Kajhu Aceh Besar pada tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yaitu metode Quasi Eksperimen dengan menggunakan pre-test and post-test control-grup design, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, siswa VII-3 sebagai kelas eksperimen dan siswa VII-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes 3 butir soal essay dan instrumen aktivitas belajar siswa dan observasi kemamuan guru mengajar. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh model SSCS terhadap hasil belajar siswa SMP/MTs. Hasil uji hipotesis dengan n = 25 terhadap data post-test menunjukkan nilai thitung= 3,26 dan ttabel = 2,01. Nilai thitung > ttabel yaitu 3,26 > 2,01, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh model pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Hafriani, M.Pd. Pembimbing II : Darwani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS), Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Hasriyara Hasriyara
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:12
Last Modified: 10 Jun 2021 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17313

Actions (login required)

View Item
View Item