Dampak Program Duta Baca Terhadap Pemanfaatan Koleksi Pada Dinas Dan Kearsipan Aceh

Riva Atul Nisa, 140503031 (2021) Dampak Program Duta Baca Terhadap Pemanfaatan Koleksi Pada Dinas Dan Kearsipan Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Dampak Program Duta Baca Terhadap Pemanfaatan Koleksi Pada Dinas Dan Kearsipan Aceh]
Preview
Text (Dampak Program Duta Baca Terhadap Pemanfaatan Koleksi Pada Dinas Dan Kearsipan Aceh)
Riva Atul Nisa, 140503031, FAH, IP, 085362183992.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Dampak Program Duta Baca Terhadap Pemanfaatan koleksi pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak program duta baca terhadap pemanfaatan koleksi pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Dampak Program Duta Baca Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, dan bentuk pemanfaatan koleksi yang dilakukan di Dinas perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 orang pemustaka dan 1 orang pustakawan di bidang pembinaan, pengembangan dan pengawasan Dinas perpustakaan dan kearsipan aceh. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan rumus deskriptif frekuensi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Dinas perpustakaan dan kearsipan aceh dipengaruhi oleh Pengetahuan Pemustaka akan Program Duta Baca, Sumber Informasi Program Duta Baca, Pernah Tidaknya Pemustaka Mengikuti Program Duta Baca, Pernah Tidaknya Pemustaka Mengikuti Program Diadakan Duta Baca, Motivasi dan Minat Pemustaka dalam Memanfaatkan Koleksi. Dilihat dari faktor Pengetahuan Pemustaka akan Program Duta Baca (83%) menyatakan mengetahui tentang duta baca, faktor Sumber Informasi Program Duta Baca menyatakan Media online dengan (72%), faktor Pernah Tidaknya Pemustaka Mengikuti Program Duta Baca, Mengatakan tidak pernah (47%) faktor Pernah Tidaknya Pemustaka Mengikuti Program Diadakan Duta Baca, (78%) responden menyatakan tidak pernah mengikuti program yang diadakan oleh duta baca, Motivasi dan Minat Pemustaka dalam Memanfaatkan Koleksi (60%) menyatakan selalu. Bentuk pemanfaatan koleksi di Perpustakaan dilakukan oleh pengguna dengan cara membaca dan mencatat koleksi ditempat (72% ) menyatakan sering, cara meminjam koleksi (12%) menyatakan selalu, bentuk pemanfaatan dengan memfotokopy koleksi sebesar (6%) menyatakan selalu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dampak Program Duta Baca, Bentuk pemanfaatan Koleksi.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya > 028.5 Membaca dan Penggunaan Media Informasi lainnya oleh Kawula Muda
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Riva Atul Nisa
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:30
Last Modified: 10 Jun 2021 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17314

Actions (login required)

View Item
View Item