Perbandingan Pembelajaran Think Pair Share dan Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA/MA

Cut Nadia Rahmi, 160205118 (2021) Perbandingan Pembelajaran Think Pair Share dan Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA/MA. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Perbandingan Pembelajaran Think Pair Share dan Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA/MA]
Preview
Text (Perbandingan Pembelajaran Think Pair Share dan Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA/MA)
Cut Nadia Rahmi, 160205118, FTK, PMA, 082267519280.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah penilaian terhadap kemampuan siswa sebagai ukuran untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar matematika siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Namun hasil belajar matematika siswa masih tergolong rendah, hal ini disebabkan karena kurangnya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran berlangsung sehingga dibutuhkan suatu pembelajaran yang dapat membuat hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik. Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share merupakan suatu model yang dapat membuat hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa pada materi SPLTV yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Student Team Achievement Division di MAN 4 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Experimental Design. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas X-2 sebagai kelas dengan pembelajaran Think Pair Share dan kelas X-1 sebagai kelas dengan pembelajaran Student Team Achievement Division. Pengambilan sampel diambil dengan teknik data secara acak atau Simple Random Sampling. Pengumpulan data digunakan dengan melakukan tes. Dari hasil penelitian di peroleh hasil pengelolahan data statistik uji-t diperoleh thitung = 2,407dan ttabel = 1,68. Maka thitung ˃ ttabel . Hal ini berarti tolak H0 dan terima H1 Maka berarti bahwa hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Student Team Achievement Division di MAN 4 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Burhanuddin AG, M.Pd. Pembimbing II : Khusnul Safrina, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Student Team Achievement Division, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Cut Nadia Rahmi
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:55
Last Modified: 10 Jun 2021 03:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17319

Actions (login required)

View Item
View Item