Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru TK Ruman Aceh di Banda Aceh

Nurkhizzati, 150206010 (2019) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru TK Ruman Aceh di Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru TK Ruman Aceh di Banda Aceh]
Preview
Text (Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru TK Ruman Aceh di Banda Aceh)
Nurkhizzati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang sangat berperan dalam memajukan lembaga pendidikan. Kualifikasi pendidikan kepala sekolah dengan latar belakang pendidikan non keguruan dan beberapa pengajar juga bukan sarjana pendidikan anak usia dini tentu sangat membutuhkan pembinaan terhadap peningkatan kompetensi guru agar bisa mengajar dengan profesional dalam penyelenggaran pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui: (1)Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru. (2)Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru. (3)Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan diskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, dua orang guru dan ketua PKBM. Penelitian lapangan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, selanjutya analisis data dilakukan dengan reduksi, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah TK Ruman Aceh memiliki gaya kepemimpinan demokratis dalam meningkatkan kompetensi guru dan stafnya. Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru TK Ruman Aceh adalah dengan melakukan pembinaan rutin pada setiap minggunya. Yang menjadi faktor pendukung kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru adalah para guru memiliki kemauan belajar yang besar sehingga mempermudah dalam pembinaan dalam meningkatkan kompetensi guru. Faktor penghambat berkaitan dengan kesedian dan kesempatan guru untuk mengikuti dan menghadiri pembinaan dalam meningkatkan kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Basidin Mizal, M. Pd 2. Tihalimah, S.Pd.I., MA
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepala sekolah, Kompetensi Guru
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurkhizzati Izzati
Date Deposited: 14 Jun 2021 02:26
Last Modified: 14 Jun 2021 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17327

Actions (login required)

View Item
View Item