Dinamika Perkembangan Selendang ke Jilbab di Gampong Ajuen Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar

Putri Nuzulul Qur’ani, 160501077 (2021) Dinamika Perkembangan Selendang ke Jilbab di Gampong Ajuen Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Dinamika Perkembangan Selendang ke Jilbab di Gampong Ajuen Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar]
Preview
Text (Tentang Dinamika Perkembangan Selendang ke Jilbab di Gampong Ajuen Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar)
Putri Nuzulul Qur'ani, 160501077, FAH, SKI, 082362294634.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang dinamika perkembangan selendang ke jilbab di Gampong Ajuen, yang menjadi masalah di penelitian ini adalah : menggapa terjadi perubahan pola menutup aurat dikalangan Masyarakat dan remaja putri di Gampong Ajuen. Tujuan penulisan ini ialah untuk mengetahui lebih dalam penyebab bergesernya pemakaian dari selendang ke jilbab. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), menggunakan model penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan 3 cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Gampong Ajuen. Data yang telah dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi perbedaan dan persamaan dalam menutup aurat, salah satunya perubahan pola menutup aurat atau model jilbab dari memakai selendang dan berubah yang lebih syar’i. Dari hasil penelitian yang berkenaan dengan jilbab atau menutup aurat, salah satunya faktor yang menyebabkan munculnya perbedaan jenis jilbab yang dikenakan masyarakat dan remaja putri dikarenakan banyaknya model jilbab terbaru dengan berbagai variasi sehingga masyarakat serta remaja putri merasa nyaman dan tertarik. Dan banyak pengaruh lain yang membuat khususnya bagi remaja putri mengenakan syar’i baik itu karena dorongan dalam diri sendiri ataupun karena pengaruh dari media massa dan komunitas-komunitas lainnya. Dan juga dapat mengetahui bagaimana orang zaman dulu memakai selendang karena memang niat di dalam diri sendiri walaupun pada saat itu belum menutupi aurat dengan sempurna, dan pada masa sekarang yang memakai jilbab syar’i hanya sebatas trend semata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Putri Nuzulul Qurani Putri
Date Deposited: 10 Jun 2021 04:36
Last Modified: 10 Jun 2021 04:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17332

Actions (login required)

View Item
View Item