Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dan Hubungannya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 2 Peukan Baro Kabupaten Pidie

Zaitun Rahmi, 15201016 (2021) Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dan Hubungannya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 2 Peukan Baro Kabupaten Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dan Hubungannya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 2 Peukan Baro Kabupaten Pidie]
Preview
Text (Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam dan Hubungannya dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMPN 2 Peukan Baro Kabupaten Pidie)
Zaitun Rahmi, 150201016, FTK, PAI, 082370654754.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Profesional adalah pekerjaan yang dilakukan oleh mereka yang mempunyai kompetensi dan keahlian dalam bidangnya, hal ini dapat diperoleh dari pendidikan dan pengalaman (latihan). Salah satu tugas guru yaitu memberikan motivasi dalam belajar pelajaran Pendidikan Agama Islam, mengingat betapa pentingnya ajaran tersebut. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional dimana tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mencari hubungan antara faktor profesionalisme guru dan juga motivasi belajar siswa, pentingannya guru harus mencapai tingkat profesional, dan kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam memberi motivasi belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen observasi, instrumen wawancara, dan instrumen angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan positif yang tinggi antara variabel X (profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam) dan variabel Y (motivasi Belajar Siswa), dengan perolehan nilai koefesien korelasi sebesar 0,628. Nilai ini mencerminkan bahwa profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam dan Motivasi belajar siswa secara kuantitatif memiliki hubungan yang kuat. Hubungan yang kuat tersebut dinyatakan dengan adanya kontribusi variabel X (profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam) dan variabel Y (motivasi belajar siswa), melalui koefesiensi determinasi sebesar 71,8%. Kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam memotivasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lingkungan, dan juga teman sebaya. Pentingnya seorang guru mencapai tingkat profesional, karena pekerjaan seorang guru menuntut untuk memiliki kemampuan dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zaitun Rahmi Rahmi
Date Deposited: 22 Jun 2021 02:37
Last Modified: 22 Jun 2021 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17333

Actions (login required)

View Item
View Item