Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Thaharah di Kelas VII SMP N 1 Darussalam, Aceh Besar

T. Thandhi Susantri, 211323857 (2021) Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Thaharah di Kelas VII SMP N 1 Darussalam, Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN A-raniry.

[thumbnail of Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Thaharah di Kelas VII SMP N 1 Darussalam, Aceh Besar]
Preview
Text (Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Thaharah di Kelas VII SMP N 1 Darussalam, Aceh Besar)
T. Thandhi Susantri, 211323857, FTK, PAI, 082274605377.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB) | Preview

Abstract

Belajar memiliki tujuan untuk memperoleh hasil dalam tiga aspek yakni kognitif, afektif dan psikomotor. Aspek kognitif ialah pengetahuan yang diukur dengan memberikan soal terkait materi yang diajarkan. Agar hasil belajar dapat dicapai dengan baik, maka perlu adanya metode mengajar yang relevan dengan materi yang diajarkan salah satu metode yang relevan dengan materi thaharah ialah metode demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar materi thaharah siswa kelas VII SMP N 1 Darussalam Aceh Besar, dan (2) mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar materi thaharah siswa kelas VII SMP N 1 Darussalam, Aceh Besar. Teori yang dipakai terdiri dari teori metode pembelajaran demonstrasi dan teori hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian PTK. Subjek penelitian ialah siswa kelas VII-2 yang terdiri dari 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes (pre test dan post test) dan lembar observasi. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus Nilai = (Jumlah Soal Yang Dijawab Benar)/(Jumlah Soal Keseluruhan) x 100 dan rumus distribusi frekuensi P = F/N x 100% Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: penerapan metode demonstrasi pada materi Thaharah siswa kelas VII SMPN 1 Darussalam dapat meningkatkan hasil belajar siswa ke arah yang lebih baik, dikarenakan faktor tersedianya alat-alat dan fasilitas yang memadai, membantu siswa menemukan sendiri cara penyelesaian masalah yang dihadapai saat belajar. Hasil belajar siswa diketahui dari nilai hasil pre tes terdapat 15 orang siswa yang belum tuntas sesuai dengan nilai KKM rata-rata 57,2%. Pada siklus I terdapat 7 orang siswa yang belum meningkat hasil belajarnya, jadi hasil rata-rata kemampuan siswa pada materi thaharah secara klasikal mencapai 68,18%, sehingga kemampuan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sudah tercapai namun belum maksimal. Pada siklus II rata-rata kemampuan siswa dalam materi thaharah meningkat menjadi 95,45%. Dengan demikian dapat dikatakan metode pembelajaran demonstrasi sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: T. Thandhi Susantri Thandhi
Date Deposited: 14 Jun 2021 02:12
Last Modified: 14 Jun 2021 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17334

Actions (login required)

View Item
View Item