Eksistensi Sie Reuboh Sebagai Makanan Tradisional Khas Aceh Besar Pada Masyarakat Gampong Krueng Mak Kecamatan Simpang Tiga

Muhammad Afdhal, 160501082 (2021) Eksistensi Sie Reuboh Sebagai Makanan Tradisional Khas Aceh Besar Pada Masyarakat Gampong Krueng Mak Kecamatan Simpang Tiga. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Eksistensi Sie Reuboh Sebagai Makanan Tradisional Khas Aceh Besar Pada Masyarakat Gampong Krueng Mak Kecamatan Simpang Tiga]
Preview
Text (Eksistensi Sie Reuboh Sebagai Makanan Tradisional Khas Aceh Besar Pada Masyarakat Gampong Krueng Mak Kecamatan Simpang Tiga)
Muhammad Afdhal, 160501082, FAH, SKI, 085261994918.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Eksistensi Sie Reuboh Sebagai Makanan Tradisional Khas Aceh Besar Pada Masyarakat Gampong Krueng Mak Kecamatan Simpang Tiga”, yang bertujuan guna mengetahui makna, fungsi, eksistensi serta peluang dan hambatan keberlanjutan Sie Reuboh di masa depan. Metode yang dimanfaatkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang peneliti sendiri menjadi key instrument, yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan dengan cara purposive sampling dan snowball sampling. Adapun hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa sie reuboh dapat bermakna sebagai ungkapan rasa syukur, kebahagiaan, kesenangan, kenikmatan, kebersamaan, dan kesiapan masyarakat dalam mempersiapkan diri untuk menyambut bulan puasa. Fungsi sie reuboh sebagai makanan tradisional di masyarakat Gampong Krueng Mak antara lain sebagai penghubung silaturrahmi, ungkapan kasih sayang, sebagai alat pelengkap tradisi, sebagai sajian praktis dan nikmat, serta identitas atau ikon dari suatu daerah. Eksistensi sie reuboh di kalangan masyarakat Gampong Krueng Mak masih sangat baik, sehingga dapat berpeluang baik dan eksis di masa depan, namun beberapa hal yang menjadi hambatan bagi sie reuboh untuk terus eksis di masa depan antara lain, kurangnya peminat, munculnya gaya hidup yang modern, serta masuknya makanan-makanan kekinian yang dapat menyingkirkan sie reuboh di masa depan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: makanan tradisional, sie reuboh, Aceh Besar
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.9 Adat Istiadat
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306 Kebudayaan dan Pranata
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Muhammad Afdhal Afdhal
Date Deposited: 17 Jun 2021 03:53
Last Modified: 17 Jun 2021 03:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17366

Actions (login required)

View Item
View Item